Pelatihan Menulis Serantau bersama Infest Yogyakarta

Author

Dalam era keterbukaan, kemampuan menulis menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh semua warga, tak terkecuali buruh migran. Kemampuan menulis Pekerja Migran Indonesia(PMI) berfungsi untuk mewartakan berbagai informasi serta pendokumentasian berbagai kasus yang terjadi di negara penempatan migran. Untuk itulah Serantau mengadakan pelatihan menulis bersama Infest Yogyakarta yang dilaksanakan di Tune Hotel, Chowkit, Kuala Lumpur pada Minggu, (7/07/2019).

Acara dihadiri oleh pengurus Serantau serta beberapa  peserta yang berasal dari perwakilan pekerja pabrik dan Pekerja Rumah Tangga (PRT). Meski  diiringi dengan cuaca kurang bersahabat di area Kuala Lumpur, hujan lebat disertai petir, tetapi tak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti pelatihan menulis.  Acara pelatihan menulis dipandu oleh Yudi Setiyadi dan Nisrina Muthahari  dari infest Yogyakarta.

Dalam pembahasan yang disampaikan oleh Yudi Setiyadi, belajar  menulis diibaratkan seperti  belajar naik sepeda. Pada kayuhan pertama terasa berat, tetapi pada kayuhan berikutnya terasa ringan. Sedangkan dalam menyusun sebuah tulisan ibarat seseorang yang sedang belajar memasak. Dalam proses memasak dibutuhkan  bahan-bahan yang pas dan serta alur yang sesuai.

“Jangan pernah pengen punya tulisan yang bagus jika tidak pernah menulis,”ungkapnya.

Tips lain yang disampaikan oleh Nisrina Muthahari dari Infest adalah dalam proses menulis, hindari menggunakan kata-kata multitafsir.

“Kita tidak bisa hanya mendiskripsikan kata cantik saja, karena cantik menurut saya berbeda dengan cantik menurut Anda. Kita bisa mendiskripsikan lebih detail mengenai cantik, misal postur tubuhnya tinggi,  matanya seperti apa, rambutnya dan sebagainya,” jelasnya.

Jenis-jenis Berita

Disampaikan oleh Yudi, ada beragam jenis berita, di antaranya : Straight News, berupa berita yang ditulis secara ringkas, lugas, berisi berita yang sedang hangat dibicarakan. Berita ini seringkali ditempatkan di halaman depan surat kabar. Hard News, jenis berita ini masih dalam kategori Straight news, dengan menerapkan 5W+1H, biasanya berisi berita atau persitiwa yang tidak disangka-sangka akan terjadi(tiba-tiba). Soft News juga masih dalam kategori staright news, hanya saja penyajiannya lebih ringan, biasanya berupa berita pendukung dari berita utama. Depth News merupakan jenis berita yang menyajikan ulasan mendalam mengenai sebuah peristiwa, biasanya disajikan dalam sebuah liputan khusus. Features, umumnya penyajian berita jenis features dikemas dengan isi berita yang mengungkapkan realitas sosial yang tersembunyi.

Peningkatan Kapasitas Anggota Serantau

Pekerja Migran Indonesia(PMI) tidak selamanya akan berada di negara penempatan. Jika kontrak kerja selesai, maka pekerja migran akan pulang ke kampung halamannya sendiri. Sebagaimana disampaikan oleh Suherman selaku Ketua Komunitas Serantau mengenai pentingnya regenerasi dalam bidang apapun, khususnya yang terkait dengan media buletin yang diterbitkan oleh Komunitas Serantau.

“Mengingat banyak anggota Serantau  yang sudah pulang, saya rasa bahwa pelatihan menulis sangat penting dilakukan untuk memunculkan penulis-penulis baru dan terus meningkatkan kapasitas anggota Serantau dalam bidang penulisan sesuai pasal 8 poin ke 6 dalam AD/ART,” ungkap Herman.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *