Panduan

SMS Penipuan Berhadiah Puluhan Ribu Hong Kong Dolar

Author

ilustrasi, oleh Muhammad Irvan
ilustrasi, oleh Muhammad Irvan

“SLMT No anda ter-plh meraih Cek HK $75.500 Dari: promo GEBYAR BCA Tahapan: (1) U/infon hub: Drs. JAKA AFANDI +6285322222685 IZIN/DEPSOS/RI 447/VIIII/2012 Pengirim: Bca” Dari pengirim dengan nomor +6289604215643.

Demikianlah bunyi pesan pendek (SMS) yang saya terima Sabtu (03/03/12) pukul 09.16 waktu Hong Kong. Saya tidak tahu dari mana pengirim SMS mendapat nomor saya. Bisa juga dengan sistem acak atau asal kirim.

Saya pernah menelepon ke nomor si penipu tersebut, bukan karena percaya, saya hanya ingin tahu sebenarnya mereka ini siapa, dan dengan penuh percaya diri si penipu memperkenalkan dirinya dengan gelar dan pangkat Kyai Haji, Dokterandes lalu nama yang berbau Islami. Mungkin untuk menyakinkan saya dengan gelar-gelar itu kalau dirinya bukan penipu.

Sebenarnya ini bukan SMS pertama  kali yang saya terima yang berisi mendapat hadiah sekian puluh ribu Hong Kong dolar dari Bank atau dari produk semacam minuman dari nomor Indonesia. Sekitar 2 tahun yang lalu saya pernah mendapat SMS serupa.

Sebelum  saya sendiri mendapat SMS seperti ini, saya sudah sering mendapat cerita dari teman sesama Buruh Migran Indonesia (BMI) yang bercerita kalau mendapat SMS undian puluhan ribu Hong Kong dolar dari Indonesia. Ada yang percaya lalu menelepon ke nomor tersebut dan disuruh untuk mengirim beberapa ribu Hong Kong dolar untuk biaya pengambilan hadiah dan akhirnya kena tipu, tapi banyak juga BMI yang sadar kalau ini adalah penipuan berkedok hadiah uang puluhan juta.

Anehnya, ada juga orang Hong Kong yang kebetulan punya pekerja dari Indonesia mendapat SMS serupa, karena tidak mengerti dengan isi SMS, majikan tersebut bertanya kepada pekerjanya. Setelah diberi tahu  kalau SMS itu hanya penipuan, sang majikan pun tertawa.

Sepertinya SMS-SMS seperti ini memang sengaja  dikirim oleh para penipu dengan target korban para buruh migran  yang sedang di luar negeri. Para penipu mungkin mengira kalau para BMI mudah ditipu dengan SMS berhadiah puluhan ribu Hong Kong dolar  yang jika di rupiahkan mendekati angka 100 juta rupiah. Namun para BMI kususnya Hong Kong sudah banyak yang paham dengan  isi SMS semacam ini jadi mereka tidak menghiraukannya dan langsung menghapus isi SMS yang ada.

Pesan saya untuk para BMI dimanapun berada. Jangan tanggapi SMS  yang masuk ke nomor anda dengan isi seperti tersebut di atas. Itu hanya SMS penipuan dan sama sekali tidak benar. Bagi para penipu yang membaca tulisan ini, tolong  jangan permalukan Indonesia dengan SMS-SMS penipuan seperti ini karena penerima SMS bukan hanya warga Indonesia yang berada di luar negeri tapi tak sedikit dari warga negara setempat yang mendapat SMS penipuan semacam ini.

 

2 komentar untuk “SMS Penipuan Berhadiah Puluhan Ribu Hong Kong Dolar

  1. memeperihatinkan sekali… Masih ada saja orang yg suka menipu seperti imi.. Semoga TKI di hongkong tetap waspada…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.