Berita

TKI Arab Saudi Galang Dana untuk Johra

Author

Beberapa TKI di Jeddah mengunjungi Johra, TKI di Arab Saudi yang menderita stroke dan ingin dipulangkan ke tanah air.
Beberapa TKI di Jeddah mengunjungi Johra, TKI di Arab Saudi yang menderita stroke dan ingin dipulangkan ke tanah air.

Sudah jatuh masih tertimpa tangga, begitulah nasih Johra bin Sueb dan Munjinah binti Martasari suami istri asal Kampung Begor Pasar, Kecamatan Pontang, Provinsi Banten yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Johra dan Munjinah yang sempat ditampung oleh Agus, seorang TKI di Jedah Arab Saudi diusir oleh pemilik rumah tempat mereka ditampung, saat Agus sedang pergi.

“Sambil menangis ibu Munjinah, istri pak Johra menelpon saya, dan bercerita bahwa mereka diusir dari tempat yang mereka tumpangi, padahal saat itu ibu Munjinah tidak punya uang,” tutur Jamil Lee teman Johra (24/01/2012).

Kabar pengusiran Johra dan Munjinah tersebar dengan cepat dikalangan TKI Arab Saudi. Jamil Lee dan teman-teman TKI di Arab Saudi berinisiatif menggalang dana peduli TKI untuk membantu Johra. Kondisi kerja di Arab Saudi yang tidak memberikan kebebasan dan aturan pasti tentang jam kerja membuat proses penggalangan dana sedikit terkendala.

Rabu (25/01/2012), beberapa TKI di wilayah Jeddah, Arab Saudi datang ke tempat tinggal baru Johra dan Munjinah di daerah Rabuwah, Arab Saudi. Mereka melihat Johra sedang dibantu duduk sembari merintih di sebuah kamar yang disekat menjadi beberapa ruangan dengan ukuran 1,2×2 meter.

Pertemuan di tempat Johra digunakan beberapa TKI Jeddah untuk membahas cara penggalangan dana dan upaya memperjuangkan pemulangan Johra. Kunjungan tetap dilakukan di tengah beberapa TKI Jeddah masih terkendala waktu untuk koordinasi, karena harus menyesuaikan jam kerja yang tidak pasti.

Saat ini koordinasi beberapa TKI Jeddah banyak dilakukan melalui akses internet dan jejaring media sosial. Kesempatan memperoleh akses internet tidak disia-siakan oleh beberapa TKI untuk berkoordinasi dan menggalang dana peduli. Beberapa TKI Jeddah sepakat menggalang dana peduli untuk Johra dari sesama TKI di Arab Saudi dalam bentuk uang tunai dan voucer pulsa.

Sumbangan dalam bentuk voucer pulsa merupakan ide agar TKI yang tidak bisa memberikan sumbangan secara langsung juga bisa berpartisipasi. Hingga 26 Januari 2012 bantuan yang digalang telah mencapai 1290 SAR atau sekitar Rp.3.144.400.

Kepedulian dari sesama TKI di Arab Saudi membuat Munjinah, istri Johra merasa terharu. “Saya bersukur sekali teman teman masih peduli dan mau membantu kami, saat ini saya tidak tahu lagi harus berbuat apa, karena saya hanya seorang wanita,” tutur Munjinah sambil mengusap air mata.

Satu komentar untuk “TKI Arab Saudi Galang Dana untuk Johra

  1. Bukti bahwa negara cuma bisa berangkatkan TKI ke Arab Saudi tanpa bisa bertanggungjawab melindungi.. SBY memang busuk… Retorika soal penanganan TKI sama busuknya dengan tindakan SBY dengan politik pembiarannya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.