Berita

Buruh Migran Terbitkan Panduan Pewarta Warga

Author

Pusat Sumber Daya Buruh Migran Indonesia terbitkan buku panduan pewarta warga. Buku ini menjadi rujukan para pegiat di Pusat Teknologi Komunitas (PTK Mahnetik) untuk mengelola informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi buruh migran dan calon buruh migran.

Buku pedoman berjudul Kelola Informasi, Perkuat Posisi Buruh Migran ditulis oleh Yossy Suparyo, Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Pusat Sumber Daya Buruh Migran Indonesia dan M. Irsyadul Ibad, Direktur Infest Yogyakarta. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman pengelolaan informasi buruh migran di Forum Warga pada 2009.

“Metode penulisan mengacu pada pengalaman para pewarta warga yang mengelola informasi buruh migran di PTK Mahnetik. Berbekal informasi tersebut, para pegiat PTK Mahnetik menyusun argumentasi untuk memengaruhi kebijakan publik secara,” ujar Yossy Suparyo.

Untuk sementara buku panduan hanya digunakan dalam pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Sumber Daya Buruh Migran. Pada 29-30 Mei 2010, panduan ini akan diujicobakan di PTK Mahnetik Cilacap, lalu disusul ujicoba di PTK Mahnetik Sukabumi pada 5-6 Juni 2010. Setelah panduan ini diuji di lapangan besar kemungkinan untuk digandakan.

Panduan pewartaan ini disebarluaskan di bawah lisensi Creative Commons (CC)-BY-NC-SA. Siapapun bisa mengutip, menyalin, dan menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan tulisan dengan menyebutkan sumber tulisan dan jenis lisensi yang sama, kecuali untuk kepentingan komersil.

Pusat Sumber Daya Buruh Migran adalah dukungan bagi kerja-kerja jaringan PTK Mahnetik yang difasilitasi oleh Yayasan TIFA Jakarta dan mitra-mitranya di 14 kota. Kegiatan mereka dapat dilihat di portal buruhmigran.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.