(Bahasa Indonesia) Kolaborasi KOPI Desa Pondok dengan Pelaku UMKM

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

 
Buka bersama dan sosialisasi rencana usaha KOPI Desa Pondok bersama pelaku UMKM, (15 Juni 2022). Sumber: KOPI Desa Pondok
Buka bersama dan sosialisasi rencana usaha KOPI Desa Pondok bersama pelaku UMKM, 15 Juni 2022. Sumber: KOPI Desa Pondok

Jumat, 15 Juni 2022, Komunitas Pekerja Migran Indonesia (KOPI) Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo mengundang buka puasa bersama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di desanya. Selain agenda buka puasa bersama, forum yang berlangsung di gedung olah raga Desa Pondok ini sekaligus untuk mensosialisasikan rencana kolaborasi usaha yang dikelola KOPI Desa Pondok bersama para pelaku UMKM. KOPI Desa Pondok beranggotakan purna dan keluarga pekerja migran, pemuda, kelompok perempuan, dan perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan perangkat desa.

“Dihadirkannya perwakilan pelaku UMKM dan pemerintah Desa Pondok ini dilakukan untuk sosialisasi program usaha kemitraan yang kami beri nama Mitra Keluarga Mandiri Desa Pondok atau disingkat MKM Pondok,” terang Arif Yulianto, ketua KOPI Desa Pondok.

Lebih lanjut Arif menjelaskan bahwa lini utama usaha MKM Pondok ialah jasa desain, cetak dan alat tulis. Pemilihan ini berdasarkan pemetaan potensi bahwa banyak instansi dan sekolahan yang ada di Desa Pondok. Sementara, usaha yang memberikan layanan cetak dan desain masih sangat sedikit. Selain itu, MKM Pondok juga mempunyai rencana sebagai mitra pemasaran bagi para pelaku UMKM di Desa Pondok.

“Di Desa Pondok ini juga banyak pelaku UMKM seperti pengrajin tas, celengan kaleng, sablon kaos, dan usaha makanan ringan. Melalui forum silaturahmi ini, para pengurus KOPI yang menginisiasi MKM Pondok ingin mengajak para pelaku UMKM untuk berkolaborasi dan berbagi pengalaman,” ujar Arif.

Meski acara berlangsung singkat acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai rencana. Program dan rencana MKM Pondok ini mendapat sambutan dan respon yang positif dari pelaku UMKM. Bahkan banyak wacana dan ide yang muncul yang disampaikan oleh para pelaku UMKM.

“MKM Pondok berencana menjadi penyedia jasa pemasaran, desain produk, cetak dokumen, hingga galeri atau tempat promosi produk para pelaku UMKM di Desa Pondok,” terang Muhammad Muhibullah, pegiat KOPI Desa Pondok.

Suharto selaku Kepala Desa Pondok memberikan apresiasi dan dukungan terhadap rencana usaha KOPI Desa Pondok. Ia berharap, rencana usaha ini bisa terlaksana dengan baik dan bisa menggandeng lebih banyak pelaku UMKM di Desa Pondok. “Lebih dari itu, usaha ini bisa berkontribusi pada kemandirian komunitas dan bermanfaat untuk warga,” terang Suharto.

[Penulis: Abdul Hadi, pegiat KOPI Desa Pondok]

Tulisan ini ditandai dengan: KOPI Pondok Pekerja Migran Indonesia PMI Ponorogo Ponorogo UMKM 

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.