(Bahasa Indonesia) Ringankan Beban Kerja Jelang Imlek dengan P3

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Sumber gambar: Pixabay.com

Tahun Baru China atau Imlek selalu menjadi momok tersendiri bagi setiap pekerja rumah tangga/ pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong. Perayaan satu ini jauh lebih meriah daripada festival lain, seperti Natal atau Dragon Boat Festival. Dalam tradisi masyarakat Hong Kong, perayaan Imlek dapat berlangsung hingga berhari-hari. Otomatis beban pekerjaan jelang Imlek sangat berat dan tak dapat disepelekan. 

Mulai dari tugas spring cleaning atau bersih-bersih total dari langit-langit rumah hingga kolong kasur yang merupakan tradisi tahunan. Pembuatan jajanan tahun baru yang rumit dan menyita waktu, hingga persiapan reuni makan malam keluarga majikan yang bisa berlangsung sampai lewat tengah malam. Ditambah dengan cuaca dingin yang kurang bersahabat, Anda akan mudah sakit jika tidak pandai mengatur siasat bekerja dan mengatasi kelelahan.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk bisa mengantisipasi dan mengurangi tumpukan pekerjaan dan tugas jelang perayaan:

Perencanaan

Perencanaan merupakan pondasi penting sebelum kita melakukan banyak hal, termasuk juga bersih-bersih rumah. Jangan anggap sepele langkah yang satu ini, karena perencanaan dapat membuat pekerjaan jauh lebih mudah. Caranya cukup sederhana, ambil satu lembar kertas dan pulpen. Tuliskan tugas apa saja yang biasanya harus dikerjakan atau menu makanan apa saja yang nantinya perlu disajikan. Penting untuk Anda bertanya dan berdiskusi tentang hal ini dengan majikan jauh sebelum hari besar tersebut, agar mereka juga bisa memahami adanya tambahan pekerjaan menyambut perayaan.

Dengan mengetahui semua tugas Anda, majikan akan memiliki gambaran kapan dan bagaimana Anda bisa menyelesaikan semuanya dengan tepat waktu, serta mengatur beban kerja agar tidak menumpuk sehingga terasa berat. Hal ini juga untuk mencegah adanya tugas atau barang yang mungkin terlupakan nantinya.

Penjadwalan

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan atau keperluan yang harus dibeli, selanjutnya buatlah jadwal tugas tersebut harus selesai dilakukan. Pasalnya, meski ada tambahan beban kerja, tugas harian Anda juga masih harus dijalankan seperti biasanya. Dengan membuat jadwal, Anda bisa dengan lebih mudah membagi waktu. Membuat jadwal saja tentu tidak cukup, Anda juga harus disiplin untuk bisa mencapai target waktu yang telah ditentukan. Penting untuk dipahami, semakin lama Anda menyelesaikan setiap tugas maka harga yang harus dibayar adalah jam istirahat Anda sendiri. Agar Anda tetap bisa ingat jadwal kerja tambahan, letakkan tulisan tersebut di tempat yang mudah terlihat atau bisa juga disimpan dalam gawai.

Persiapan

Langkah terakhir adalah persiapan. Persiapan bukan hanya untuk hal-hal yang Anda perlukan dalam mengerjakan tugas tersebut, tetapi juga mempersiapkan diri sendiri fisik maupun mental. Kita semua tahu selain beban kerja yang bertambah, biasanya omelan majikan juga meningkat. Beli dan dapatkan semua kebutuhan baik untuk bersih-bersih atau bahan makanan kering untuk menu jamuan secara berkala jauh sebelum hari H. Anda juga bisa memanfaatkan jasa pengiriman barang dari supermarket sehingga Anda tidak perlu membawa barang yang terlalu berat. Tidak kalah penting adalah persiapkan juga kebutuhan pribadi, terutama obat-obatan dan makanan ringan. Dengan segala kesibukan yang Anda miliki, melewatkan jam makan terkadang sulit untuk dihindari. Namun, harus tetap diingat bahwa kesehatan dan keselamatan tetap yang nomor satu.

Semoga tips di atas dapat mempermudah Anda menjalankan tugas. Satu hal lagi, Anda juga bisa melihat berbagai video di Youtube mengenai cara mudah membersihkan dan merapikan rumah untuk membantu meringankan pekerjaan anda. Selamat mencoba!

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *