+62274 372378 | redaksi[at]buruhmigran.or.id | Twitter: @infoburuhmigran

PUSAT SUMBER DAYA BURUH MIGRAN Rujukan Informasi Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) – Saling Belajar, Berbagi, dan Melindungi

BMI Hong Kong, Periksalah Status Perpanjangan Visa Kerja Anda

Web Imigrasi Hong Kong http://www.immd.gov.hk/eng/services/visas/foreign_domestic_helpers.html#b
Web Imigrasi Hong Kong http://www.immd.gov.hk/eng/services/visas/foreign_domestic_helpers.html#b

Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara dalam suatu periode waktu tertentu dan tujuan tertentu. Dokumen visa diterbitkan oleh otoritas negara tujuan melalui kedutaan atau perwakilan mereka di Indonesia.

Walau Indonesia sudah memiliki perjanjian bebas visa dengan beberapa negara di Asia Pasifik termasuk Hong Kong, namun visa tersebut hanya berlaku untuk kunjungan wisata dan tidak boleh digunakan untuk kepentingan bekerja.

Sesuai kegunaannya,visa di Hong Kong memiliki beberapa macam jenis yaitu visa turis atau wisata (1-3 bulan), visa bisnis (3-6 bulan), visa pelajar (sesuai dengan lama masa studi), dan khusus untuk BMI yang bekerja di Hong Kong, pemerintah Hong Kong memberikan visa kerja selama dua tahun. Dimana 2 atau 3 bulan menjelang visa tersebut habis, kawan-kawan BMI diharuskan mengajukan perpanjangan visa kerja yang baru untuk masa dua tahun ke depan.

Jika sudah mengurus visa kerja yang baru, periksalah visa yang ditempel pada paspor. Apakah visa tersebut berlaku selama dua tahun ataukah hanya satu hari, dua hari atau hanya beberapa bulan. Jangan sampai visa yang diberikan oleh Imigrasi tidak sesuai dengan masa kontrak kerja kita selama dua tahun, kecuali memang masa berlaku paspor kita tidak mencukupi visa kerja dua tahun (habis masa berlaku paspor sebelum habis kontrak).

Jika terjadi hal tersebut (habis masa berlaku paspor sebelum habis kontrak), kita sendiri yang akan repot. Hal ini terjadi pada diri saya sendiri, saat Agustus 2016, saya mengajukan perpanjangan kontrak kerja selama dua tahun. Pada September 2016, baik paspor maupun visa saya sudah beres.

Tanpa memeriksa visa terlebih dahulu, pada Desember 2016 saya pergi liburan ke Macau, namun saat memasuki pemeriksaan Imigrasi Hong Kong petugas membawa saya ke ruangan lain dan mengatakan telah Overstay selama 3 bulan. Jelas saya sangatlah kaget dan tetap membela diri tidak Overstay, karena pada Agustus 2016 sudah mengurus visa kerja yang baru. Tetapi petugas Imigrasi tetap tidak mengijinkan saya untuk melanjutkan perjalanan ke Macau. Tiket yang sudah saya beli akhirnya hangus.

Rasa kesal dan kecewa pasti ada, akhirnya saya memilih pulang. Sesampai di rumah saya periksa kembali visa dengan teliti dan ternyata saat mengurus visa kerja yang baru, Imigrasi hanya memberikan visa masa berlaku satu hari. Jelas saja saya ditolak oleh Imigrasi karena memang sudah tidak memiliki visa.

Dua hari kemudian saya datang ke Imigrasi Wanchai lantai 3 counter nomer 7. Kepada petugas saya mengatakan bahwa Imigrasi salah dalam memberikan visa yaitu visa dengan keterangan tidak berlaku (Void). Setelah diperiksa oleh petugas, saya mengisi ulang form pengajuan visa. Setelah menunggu hampir satu jam, petugas memanggil saya bahwa visa sudah beres. Di sini saya menolak untuk membayar lagi, karena saya sudah dirugikan tiket ke Macau hangus. Petugas pun meminta maaf atas keteledorannya dan saya tidak membayar biaya mengurus visa sebesar $190.

Bagi teman-teman BMI di Hong Kong, periksalah kembali visa anda saat setelah memperpanjang kontrak. Jangan sampai anda mendapatkan visa dengan keterangan tidak berlaku (void).

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with * symbol

Name *
Email *
Website *
Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>