Pemutusan Hubungan Kerja Pada Pekerja Migran Singapura

Author

Ilustrasi Buruh yang Diterminit atau PHK
Ilustrasi Buruh yang di PHK

Ada beberapa bentuk pemutusan hubungan kerja antara pekerja migran dan pengguna jasa, yakni pemutusan hubugan kerja karena pindah ke pengguna jasa lain, pemutusan hubungan kerja karena habis kontrak dan pemutusan hubungan kerja secara sepihak.

  1. PHK karena pindah ke pengguna jasa lainJika pekerja migran tidak merasa nyaman untuk bekerja pada pengguna jasa yang ada, pekerja migran dapat berpindah ke pengguna jasa lain dengan persetujuan pengguna jasa sebelumnya. Pengguna jasa sebelumnya harus membuat surat pernyataan pelepasan, setelah itu pengguna jasa yang baru bisa mengajukan permohonan izin kerja untuk pekerja migran. Ketika permohonan pergantian pengguna jassa sudah disetujui, Depnaker akan mengirimkan persetujuan dasar yang mengindikasikan tanggal perpindahan kepada pengguna jasa sebelumnya yang baru. Tanggal perpindahan tersebut biasanya dikeluarkan tujuh hari setelah disetujui.
  2. PHK karena habis kontrakJika pekerja migran telah menyelesaikan masa kontrak yang tercantum dalam perjanjian kerja yaitu 2 tahun kerja, maka pengguna jasa bertanggung jawab untuk membiayai tiket pesawat dan transportasi darat kepulangan pekerja migran hingga ke bandara terdekat dengan daerah asal. Pengguna jasa harus memberitahukan rencana kepulangan pekerja migran kepada agen penempatan dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura selambat-lambatnya satu bulan sebelum tanggal kepulangan pekerja migran.
  3. PHK secara sepihakJika pengguna jasa mengakhiri perjanjian kerja sebelum waktunya yang bukan karena kesalahan pekerja migran, berikut ini adalah beberapa hal yang harus menjadi perhatian :
  • Jika pekerja migran masih ingin bekerja di Singapura, maka agen penempatan wajib mencarikan pengguna jasa baru tanpa pemotongan gaji apapun.
  • Jika pekerja migran ingin pulang ke Indonesia, maka pengguna jasa wajib membayar ganti kerugian sebesar sisa gaji sampai perjanjian kerja berakhir dan menanggung biaya tiket pesawat udara sampai ke bandara terdekat dengan daerah asal pekerja migran di Indonesia.
  • Jika pengguna jasa mengakhiri perjanjian kerja sebelum waktunya dikarenakan oleh kesalahan pekerja migran (setelah diteliti dan dimediasi oleh KBRI Singapura) maka pekerja migran wajib bekerja (minimum 4 bulan) sesuai dengan isi perjanjian kerja. Selain itu pekerja migran atau asuransi akan menanggung tiket pesawat udara sampai ke bandara terdekat dengan daerah asal pekerja migran di Indonesia.
  • Jika TKI menngakhiri perjanjian kerja sebelum waktunya karena pengguna jasa melanggar janji atas setiap ketentuan dan persyaratan kerja maka pengguna jasa wajib membayar sisa pemotongan gaji pekerja migran oleh agen penempatan dan membayar ganti kerugian sebesar gaji yang belum dibayarkan sampai dengan kontrak berakhir dan menanggung biaya tiket pesawat udara sampai ke bandara terdekat dengan daerah asal pekerja migran.

Dalam hal pemutusan hubungan kerja secara sepihak, baik pekerja migran ataupun pengguna jasa harus memberikan pemberitahuan secara teretulis. Waktu pemberitahuan harus sesuai dengan yang disepakati pada perjanjian kerja. Jika dalam perjanjian kerja tidak mencantumkan hal ini, maka pemberitahuan disesuaikan dengan :

Masa Bekerja

Waktu Pemberitahuan

< 26 Minggu

1 hari

26 Minggu < 2 tahun

1 Minggu

2 tahun hingga < 5 tahun

2 Minggu

> 5 tahun

4 Minggu

Pekerja migran harus memastikan bahwa seluruh hak pekerja migran telah dipenuhi oleh pengguna jasa seperti gaji dan kompensasi lainnya. Apabila pengguna jasa tidak memnuhi hak-hak pekerja migran maka pekerja migran dapat melaporkan ini ke Depnaker. Hak pekerja migran akan dipenuhi dengan mencairkan deposito pengguna jasa (SGD5000) yang ia serahkan pada Depnaker Singapura saat dulu akan mempekerjakan pekerja migran.

Sumber : Buku Panduan Negara Tujuan Singapura terbitan IOM.

47 komentar untuk “Pemutusan Hubungan Kerja Pada Pekerja Migran Singapura

  1. Sy tidak betah di rumah majikan sy,sy 11bulan disini…awalnya sy minta pindah tp tidal di ijinin oleh majikan katanya kalo sy tidak mau kerja sy di pulangin me Indonesia…karna sy bener2 tidak betah sy setuju di pulangin ..tp kata majikan sy harus ganti rugi sebanyak $8.098 dolar singapura…sy benar2 bingung harus gimana…

  2. Tolong Istri saya, yang bekerja di negara singapura. karena tidak ada hak-hak tki buat istri saya.

    Setap Agency Sentral Recruitment Solution Pte Ltd, selau berbicara yang kurang baik buat saya. Saat saya minta hak-hak TKI.

    Saya minta bantuan PT Intan Ayu Lestari (Pjtki yg menerbangkan Istri saya) agar saya bisa dapat hak-hak tki buat istri saya. tidak ada respon.

    Saya minta bantuan KBRI Singapura, tapi memihak pada Agency. Saya tanya sampai mana perkembangan permasalahan istri saya, kbri jawab. jangan hubungi lagi.

    Aku bingung…

  3. Selamat malam.
    Istri saya bekerja d Singapura, sudah berjalan hampir setahun.
    Dan sering jalan bareng dengan lelaki BANGLADESH, dan informasi terbaru dia berencana menikah disana.
    Nomor saya, anak, juga mertua diblokir semua.
    Mohon solusi bagaimana caranya bisa dipulangkan paksa / lebih baiknya di blacklist.
    Terimakasih

    1. Turut prihatin mas dengan permasalahan njenengan..
      Karena kalau kasus seperti ini belum ada solusi..
      Mungkin cuma cerai solusinya..
      Orang asing itu sangat sulit menikah di Singapura..
      Besar kemungkinan istri mas itu nikah di Indonesia/mungkin di Banglades

  4. Selamat malam.
    Isyri saya sudah bekerja di singapura hampir setahun.
    Tetapi sekarang sudah tidak bisa komonikasi lagi karena sudah berpacaran dg laki2 bangladesh.
    Bagamana caranya biar istri saya di pulangkan.
    Karena dia mau meninggalkan 4 anak dan siaminya.
    Dan mau menikah dg priya bangladesh.

    1. ada permasalahan pjtki silahkan kontak di 0838338699681

      sama2 kita selamatkan orang2 tersayang kita. bila perlu dengan cara apapun kita selamatkan.

  5. Bagaimana biar istri saya bisa dipulangkan.
    Kami sekeluarga merasa malu dan risih.karena istri saya yg bekerja di singapura. Tujuanya mencari uang untuk keluarga.
    Malah akan meninggalkan kami karena berpacaran dh bangladesh.

  6. Saya bekerja baru 10bulan tapi saya tidak betah . Di perjanjian terrulis 2x offday dalam sebulan padahal jatah offday 4x sebulan . Tapi ternyata 1xpun tidak di bolehkan . Pas minta ijin malah di maki2. Jadi saya milih tukar majikan ke agency ,agency jawab tidak bisa transfer majikan karena harus kontrak 2tahun habis . Jadi pilihannya boleh keluar dari rumah majikan tapi haris di pulangkan ke indonesia . Jadi saya setuju milih pulang ke indonesia .

      1. aku baru disingapur baru 11 hari kerja dimajikan tpi balik ke agency karena majikan saya tidak baik..
        saya pingin balik ke indo tpi sya harus ganti rugi agency apa ada solusinya

  7. Istri saya kerja di singapur dg job merawat lansia, baru dapat 2 bulan oma yg dirawat sakit dan meninggal, waktu berlalu setelah bulan ke 3 habis, majikan berencana mengembalikan istri saya ke pihak agency akan tetapi iatri saya sebelumnya telah d carikan mjikan baru yaitu saudaranya mjikan lama, pertanyaanya sesuai perjanjian kontrak istri saya kena potongan gaji selama 6 bln, trus bagaimana jk pindah majikan apakah istri saya harus ttp melunasi 3 bulan lagi potongan yg teesisa, atau 3 bln plus 2 bulan tambahan transfer karna pindah majikan seperti yg diminta pihak agency? Mohon masukannya sesuai uu yg berlaku di singapura, terimakasih.

  8. Istri saya kerja di singapur dg job merawat lansia, baru dapat 2 bulan oma yg dirawat sakit dan meninggal, waktu berlalu setelah bulan ke 3 habis, majikan berencana mengembalikan istri saya ke pihak agency akan tetapi iatri saya sebelumnya telah d carikan mjikan baru yaitu saudaranya mjikan lama, pertanyaanya sesuai perjanjian kontrak istri saya kena potongan gaji selama 6 bln, trus bagaimana jk pindah majikan apakah istri saya harus ttp melunasi 3 bulan lagi potongan yg teesisa, atau 3 bln plus 2 bulan tambahan transfer karna pindah majikan seperti yg diminta pihak agency? Mohon masukannya sesuai uu yg berlaku di singapura, terimakasih.

  9. Saya mau pulang
    Tapi binggung masa2 kovid begini apakah bisa pulang melalui Batam
    Belum selesai kontrak kerja mohon info mya
    Tapi sudah selesai masa potongan gaji

      1. Aq juga inggin pulang ke indonesia tapi aq baru dapat 3 bulan di arab dan aq selama ini aq ngk betah tinggal di rumah majikan karena aq udah membersihkan rumah dengan bersih masih saja di suruh bersihin sampae ngk ada istrihat makan juga kalau ada sisa majikan baru aq makan karena majikanku ngak pernah peduli aq udah makan apa ngak pokoknya taunya di suruh kerja apakah nanti kalau aq inggin pulang di suruh ganti rugi

      2. saya mau pulang tapi saya bingung….
        saya sudah gak betah
        kerjaan salah terus
        saya sudah mnta tolong agensi tp blm ada kepastian

  10. saya ingin pulang ke indonesia, tapi belum habis potongan agency, dn saya sudah 2 x ganti majikan, tiap x di pulangkan potongan saya bertambah 2 bln, saya ga kuat kerja hanya membayar utang pada agency mohon masukan nya

    1. Oya bgmn y klo tkw di singapura ganti majikan dikarenakn yg dirawat meninggal dunia dan bos tidak mmbutuhkn pembantu lg jd ganti majikan srta potongan gajipun sdh slsai tapi masalahnya ktka ganti majikan dari pihak agency dimintai potongan gaji 1 bln gaji sdgkn dr prnytaan diatas tidak ada potongan gaji…jadi harus bagaimana ya ?,mohon infonya soalnya dsni masi banyak yang sprti itu agencynya.
      ..terima kasih..

  11. Nama saya Ani sya kerja di Singapor tapi sda habes potongan sya sya minta pulang oleh karena suwami sya sket tapi kata majikan sya blm habis kontrak nya solosi go mna supaya saya bisa pulang liat suwami saya

  12. Ass…saya mau tnya saya kerja dsibgapur sdh 13 bln saya ingin pulang krena selain tak betah saya juga ada benjolan tumbuh di payudara tpi saya bingung apa saya kena denda y.dulu ejen bilang kalau tak sampai finish pulang hrus byar gnti rugi kemajikan apa itu benar.trus apa saya bisa pulang dlm kondisi covid sprti ini…trimakasih mohon penjekasannya

  13. Selamat sore saya mau tnya tentang phk secara sepihak .sy bekerja selama 17th satu majikan tiba tiba sy disuruh plg ke indo sy tak mau sebab sy ingin kerja lg. Jd sy ganti majikan yg sy soalkan apakah sy bisa menerina uang ansuransi. Dan soal gaji saya Dia /majikan gak mau byr 1 bln penuh dan waktu operasi Di rumah sakit dijawa Tegah dmajikan dia byr hny setegah bukan full payment. Tlng sy.

  14. Tolong pulangkan ibuk saya di Singapura karena saya takut kehilangan ibu saya. Saya dan adik saya ingin ibuk di pulangkan. Dan kami bisa berkumpul kembali

  15. Saya finis kontrak dan ingin pindah majikan, tp majikan bilang, saya tidak akan mendapatkan bonus tahuanan dan ganti tiket dikarenakan tidak renew kontrak di satu majikan. Apakah benar?

    1. Coba brtahan sampe habis ptongan lalu lbihkn 2 bln..jd km nnt ad uang bwt biaya plg..tp klo tdk bs y trpaksa km hrs hub kluarga bwt ngelunasi hutang ptongan itu srta tiket plg…dan alangkh baik coba km konsultasi ke agency km trlbh dahulu mbk.

  16. Siang semua..
    Bagai mana cara nya saya bisa pulang tanpa bayar hutang dan denda…soal nya dari awal saya datang ke sini alamat sama nama majikan saya itu beda… Trs majikan saya tempra mental saya bingung akkhir nya saya minta pulang egenci tpi di egenci saya merasa di tekan karna dia menyuruh saya pulang trs …sedangkan paspor saya di pegang egenci bukan sama saya…kira kira saya harus gimana??

  17. Siang semua
    Maaf barangkali ada majikan yg butuh helper yg mau proses sendiri/tnp agent,tlg hub saya.trimka ksh.

  18. Minta bantuan nya dong,istri saya bekerja baru dapat 2 bulan,tpi istri saya hamil,untuk potongan gaji selama 3 bulan,gmn caranya suruh pulang

  19. Pak/Bu admin, saya masuk rmh majikan 8 Juni 2022

    apa boleh sy minta kembali ke Indonesia ketika sudah 1thn, 6 bln
    di 8 Des 2023 ??

    bagaiman prosedur nya?
    apakah bayar tiket pesawat sendiri dan kira2 memakan biaya berapa pulang ke Sulawesi ? 🙏

  20. Saya nisa saya ke sini hampir 1 bln saya mau pulang ke indonesia di karenakan saya sakit sakit dada saya tersa sakit dan saya klo mau BAB slalu keluar darah. Majikan dan ajenci saya di indonesi tidak ijinkan saya pulang 😭😭 di karenakan saya harus ganti rugi saya minta solusinya donk saya mohon 🙏🙏🙏🙏🙏 saya gak mau mati sia sia di sini

  21. saya tiara, saya disini baru 1 bulan di malaysia saya mau pulang ke indonesia dikarenakan saya sakit maag terus muntah² terus di kilang sampai saya muntah ada darahnya lambung saya sampai sakit , saya pun jarang masuk kerja karena sakit terus. Saya pernah ditawari pulang indonesia oleh majikan saya tpi saya bimbang untuk menjawab karena bingung apa pulang itu biaya sendiri atau ditanggung agency disini saya bimbang karena sakit² terus² an mohon jawabannya kira² saya biaya sendiri atau ditanggung majikan ya lalu bayar denda nya kira² berapa😭😭

    1. Kak Tiara berada di negara Malaysia bagian mana? Silakan menghubungi nomor pengaduan kami ya kak 081328016440

      1. Terimakasih jawabannya kak, mungkin waktu itu saya memang lgi sakit dan termasuk parah. alhamdulilah saya diberi kesempatan bekerja untuk adaptasi mungkin saya belum beradaptasi dengan lingkungan karena tiba² sakit. sekarang sudah jalan 4 bulan saya dimalaysia alhamdulillah dalam keadaan sehat dan betah dikilang.waktu itu karena umur saya masih muda bingung mengambil keputusan karena takut salah jalan kedepannya. saya minta doa yg terbaik dan semangat dan dibuat bahagia to myself:)

  22. saya baru pertama kali di Singapore, job saya jaga lansia tapi baru 3 bulan majikan saya meninggal.. dan saya masih punya hutang potongan 4 bulan lagi.. saya benar benar tidak betah di ejen , saya mau pulang gak dikasih tapi tiap marah suruh saya go back.. capeknya tempat ejen melebihi rumah employer
    saya sudah hampir sebulan di ejen belum juga dapat majikan.. bingung banget saya harus apa , kalo ejen enak gak masalah.. ini cukup tuhan yang menghakimi
    saya cape lelah pasrah aja antara kabur atau bunuh diri
    cape mikir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.