Pelatihan Produksi Telur Asin Untuk Mantan dan Keluarga TKI

Author

Suasana saat beberapa mantan TKI di Lombok Tengah belajar memproduksi telur asin
Suasana saat beberapa mantan TKI di Lombok Tengah belajar memproduksi telur asin

Perkumpulan Panca Karsa bekerja sama dengan Pusat Studi Wanita (PSW) Universitas Mataram menggelar “Pelatihan Pembuatan Telur Asin” untuk mantan dan keluarga buruh migran di Desa Labulia, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah pada Sabtu, 22 September 2012.

Pelatihan tersebut diikuti 40 perempuan yang terdiri dari perwakilan kader dan masyarakat dari 6 Desa yaitu Desa Tanak Rarang dan Desa Batu Jai Kecamatan Praya Barat, Desa Darek dan Desa Plambik Kecamatan Praya Barat Daya serta Desa Labulia dan Desa Batu Tulis Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah.

Baiq Halwati, Direktur Perkumpulan Panca Karsa mengatakan Lombok merupakan salah satu tujuan wisata dan telur asin adalah salah satu oleh-oleh khas Lombok yang paling banyak dicari oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Telur asin merupakan produk unggulan yang mudah dibuat dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dalam proses produksinya sehingga sangat berpotensi sebagai salah satu usaha yang dapat dikembangkan di Lombok Tengah” ungkap Baiq Halwati.

“Selain itu, potensi wilayah yang ada di Lombok Tengah juga sangat mendukung keberhasilan terhadap peternakan itik” tambahnya.

Pelatihan ini diharapkan mampu dikembangkan oleh masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga masyarakat tidak terlalu bergantung kepada penghasilan sebagai buruh migran.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *