* Berita

Jenazah Marsonah Dipulangkan dari Malaysia

Author

sumber ilustrasi: lensaindonesia.com
sumber ilustrasi: lensaindonesia.com

Melalui upaya banyak pihak, jenazah Marsonah (21),  satu dari empat orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang meninggal dunia di Malaysia berhasil dipulangkan (31/08/12). Jenazah diperkirakan tiba melalui Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada pukul 19.15 WIB.

Menurut keterangan Narsidah, pegiat Paguyuban Perlindungan Buruh Migran dan Perempuan Seruni Banyumas, upaya pemulangan dilakukan setelah surat permohonan pemulangan jenazah ditandatangani keluarga dan dikirim ke KJRI Johor.

“Sebelumnya keluarga almarhumah berniat merelakan jenazah dimakamkan di Malaysia, namun setelah melihat 3 jenazah TKI yang lain bisa dipulangkan, keluarga kemudian meminta bantuan Seruni untuk membantu mengurus pemulangan jenazah Marsonah,” tutur Narsidah.

Berdasarkan informasi dari pihak keluarga, almarhumah Marsonah bersama 3 TKI lain, Sunar (43), Pardi (40), dan Aryanto (30) meninggal karena kecelakaan saat mudik menggunakan kapal beberapa waktu yang lalu. Saat itu kapal yang ditumpangi 3 TKI tersebut melaju dengan kecepatan sangat tinggi, kemudian kapal terbalik akibat dihantam ombak.

Pihak Rumah Sakit di Malaysia kemudian menghubungi seluruh keluarga TKI pada Minggu, 19 Agustus 2012. Kemudian jenazah TKI satu per satu diproses untuk dipulangkan ke Indonesia. Jenazah Marsonah sendiri diperkirakan sampai di Desa Pangadegan, Kecamatan Wangon, Banyumas dan sesuai rencana akan langsung dikebumikan.

===============================

Info tautan (link) SOP pemulangan Jenazah TKI:

Belajar dari proses pemulangan jenazah BMI dari Banyumas ini. Proses pemulangan jenazah ternyata masih cukup rumit. Hal ini terjadi karena layanan atau prosedur pemulangan jenazah BMI belum diinformasikan BNP2TKI kepada publik, sehingga masyarakat awam dipastikan akan mengalami kesulitan jika akan mengurus kepulangan jenazah keluarganya yang meninggal di luar negeri. Terlebih ketika keluaga tidak didampingi oraganisasi TKI atau LSM. Pemerintah sebenarnya sudah memiliki SOP pemulangan jenazah, untuk baca dan unduh klik tautan berikut: http://w.blankon.in/RJ

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *