* Berita

Kuatkan Pengelolaan Informasi Buruh Migran Melalui Buletin

Author

 

 

 

Buletin Warta Buruh Migran Edisi 1

 

Yogyakarta–  Pengelolan informasi buruh migran tidak dapat hanya dilakukan dengan mengandalkan satu media. Pengarusutamaan membutuhkan pengayaan jenis media untuk mencapai target penerima informasi yang beragam. Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan. Karena itu pengawinan (konvergensi) media juga dibutuhkan untuk mengarusutamakan isu-isu buruh migran.

Menurut Yossy Suparyo (31), Koordinator Pusat Sumberdaya buruh Migran (PSD-BM), konvergensi memungkinkan informasi tersampaikan secara lebih luas kepada khalayak dengan peralatan komunikasi dan cara penerimaan informasi yang berbeda (4/09/2010).

“Penggunaan media yang beragam untuk mengasrusutamakan isu buruh migran dapat memperluas penerimaan informasi masyarakat,” jelas Yossy.

Mempertimbangkan segmentasi media tersebut, pada awal September 2010, PSD-BM dan Yayasan infest menerbitkan Buletin Warta Buruh Migran. Buletin ini diterbitkan dalam jenis berkas PDF sehingga dapat disebarluaskan secara bebas melalui internet. Tidak tertutup kemungkinan pula buletin tersebut akan bisa diakses dalam bentuk cetak.

Buletin Warta Buruh Migran menggunakan lisensi Cretive Common yang memungkinkan penyebarluasan, penggandaan dan penggunaan dokumen-dokumen yang tertera pada bulletin tersebut secara bebas. Dengan lisensi tersebut setiap orang boleh mempergunakan sebagian atau keseluruhan, mengubah dan menyebarluaskan isi dari bulletin tersebut selama tidak bertujuan komersial, serta dengan kewajiban menyertakan lisensi yang sama.

Menurut Hilya Auliya, knowledge management Pusat Sumberdaya Buruh Migran dan Kepala Divisi Saluran Informasi Pesantren Infest Yogyakarta, buletin ini diharapkan dapat memperkaya jenis media yang mengarusutamakan isu-isu buruh migran. Buletin ini juga bertujuan untuk mengajak buruh migran secara lebih luas untuk ikut terlibat dalam pengelolaan pengetahuan.

“Semakin banyak media tentang buruh migran, semoga dapat memcepat pemahaman masyarakat tentang isu-isu buruh migran,” tutur Hilya (4/09/2010).

Buletin Warta Buruh Migran direncanakan akan terbit bulanan. Isi buletin ini ditulis oleh kontributor dalam jaringan Pusat Teknologi Komunitas (PTK) Mahnettik di 14 kota. setiap orang yang berminat dapat berlangganan Warta Buruh Migran dengan mengirimkan surat elektronik (email) ke alamat redaksi[at]buruhmigran.or.id.

Unduh Buletin

One response to “Kuatkan Pengelolaan Informasi Buruh Migran Melalui Buletin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *