BMI Semarakkan Idul Adha di Hong Kong

Jamaah Shalat Idul Adha 1432 H di Victoria Park Hongkong yang dimobilisir oleh BMI (6/11/2011).

Sekitar 70.000 jamaah mengikuti shalat Idul Adha yang dilaksanakan di lapangan rumput Victoria Park kawasan Causway Bay Hong Kong. Hari Raya Qurban 1432 hijriah tahun ini jatuh bertepatan dengan hari minggu yang memungkinkan Buruh Migran Indonesia (BMI) mendapat hari libur.

Victoria Park berubah menjadi lautan putih selama pelaksanaan shalat hari raya.  BMI berbondong-bondong datang ke lapangan untuk mencari tempat melaksanakan shalat Idul Adha sejak jam 07.00 pagi waktu setempat. Berbekal tas plastik sebagai alas, mereka berbaur dengan teman sesama BMI yang telah datang lebih awal.

Menjelang pukul 09.00, lapangan Victoria dipenuh oleh jamaah. Panitia, yang juga para BMI, dengan sigap mengatur para jamaah untuk mengisi tempat-tempat yang masih kosong. Kesumeringahan merayakan Idul Adha terpancar dari wajah para BMI. Meski jauh dari keluarga, berkumpul seperti ini sedikit banyak bisa menghibur para BMI di tengah padatnya aktifitas selama sepekan di rumah majikan.

Pentas seni yang turut mengundang artis Indonesia turut menyemarakkan Idul Adha di Victoria Park HOngkong.

Seusai shalat, panggung hiburan yang diisi oleh grup musik, seperti Snada, Debu dan Putri Indonesia 2011 digelar di Victoria Park. Artis-artis tersebut sengaja diundang untuk menghibur para BMI di Hong Kong.

“Kapan lagi melihat artis, di Indonesia mah gak bakalan mungkin melihat artis sedekat ini.” Celetuk beberapa BMI sambil mengambil foto melalui kamera maupun ponsel masing.

Situasi gembira di tengah Idul Adha belum dinikmati semua BMI di Hong Kong .  Masih ada BMI Hong Kong yang belum mendapat hak sebagai pekerja secara penuh hingga saat ini, seperti gaji di bawah standar (underpay) dan libur yang hanya sebulan sekali. Semoga kebebasan libur juga bisa dinikmati oleh para BMI di negara manapun.

Fera Nuraini

About Fera Nuraini

Pekerja migran di Hong Kong ini menggemari dunia penulisan dan pewartaan warga. Selain menjadi kontributor Pusat Sumber Daya Buruh Migran, ia juga aktif di beberapa media komunitas.
This entry was posted in Agenda and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.
  • Muhammad Irsyadul Ibad

    Pengalaman menarik dan ringan untuk dibagi. Mungkin cerita serupa perlu dituliskan oleh BMI lain agar masyarakat tahu geliat BMI di pelbagai negara.

  • aris hermawan

    Sebagian TKI HK juga shalat id di Shatin Park. Sungguh ruang publik yang benar-benar menjadi ruang bagi TKI untuk terus bergerak memperjuangkan hak-haknya. Menarik juga jika fenomena semacam ini bisa hadir di negara-negara seperti Malaysia dan negara timur tengah. WNI bersatu.

  • http://lamuk-redam.blogspot.com Fath

    Weeeh akhirnya, bisa dapat cerita tentang lebaran kurban di Hong Kong…! Mbak.. apa teman-teman BMI di sana juga berkurban? atau pada kurban di kampung halaman alias transfer ke keluarga?

  • fadli

    wah kurang foto-foto shoot nya. ikut seneng mba fera. memang jarang idul adha yang jatuh pada hari minggu ya… mudah2an ke depan, tidak hari minggu pun majikan pada ngasih libur…