Semarakkan Ramadan dengan Berbagi, Serantau Gelar Buka Bersama di Shelter KBRI

Author

Dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadan 1440 H, Komunitas Serantau  Malaysia mengadakan acara buka puasa bersama dengan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di shelter KBRI Kuala Lumpur, Minggu (19/5/2019).

Acara yang dihadiri oleh pengurus Serantau, PMI yang tinggal di shelter, serta beberapa pejabat konsuler KBRI tersebut merupakan   kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Serantau setiap bulan Ramadan. Penyelenggaraan acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antara pengurus Serantau dan pejabat KBRI serta meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa berbagi dengan sesama PMI.

Di atas tikar yang digelar di gedung aula, peserta yang hadir khusyuk mendengarkan seluruh rangkaian acara, mulai dari pembacaan ayat suci Alquran, pembacaan puisi, shalawat serta ceramah agama yang disampaikan oleh Ustaz Muhammad Faiz

“Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan positif yang harus dilestarikan karena ini adalah bentuk nyata kepedulian Komunitas Serantau pada sesama PMI yang bernasib kurang baik. Semoga dengan kegiatan ini memberi hiburan bagi para PMI yang selama ini harus berhadapan dengan perkara sulit yang mereka alami,” tutur Ketua Serantau, Suherman dalam sambutannya.

Usai sambutan dari Ketua Serantau, acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan KBRI, yang diwakili oleh Yulisdiyah kartika. Dalam kesempatan tersebut, Diyah mengucapkan terima kasih kepada komunitas Serantau yang senantiasa berbagi kepada PMI di shelter KBRI Kuala Lumpur.

“Saat ini jumlah PMI di shelter kurang lebih 150 orang, saya mengimbau agar teman-teman tetap semangat, selalu bersyukur karena masih dalam kondisi sehat dan masih bisa saling berbagi, “ ungkap Diyah selaku staf konsuler KBRI Kuala Lumpur.

Pada pukul 19:00 pm, Ustaz Muhammad Faiz yang merupakan alumni Pondok Pesantren Lirboyo dan sedang menempuh pendidikan S-2 di Malaysia mulai menyampaikan ceramahnya. Dalam ceramahnya, beliau meyampaikan tentang perintah diwajibkannya puasa seperti tertulis di Alquran dalam surat Al-Baqarah ayat 183, “Hai, orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.”

Beliau menegaskan kembali apa yang disampaikan dalam sambutan oleh Ketua Serantau, bahwa puasa bertujuan untuk menjadikan orang-orang yang beriman semakin bertakwa. Dalam sesi ceramahnya yang berlangsung kurang lebih 45 menit tersebut diselingi dengan sesi tanya jawab.

“Salah satu hikmah kita berpuasa adalah untuk mengingat perihnya orang orang yang kelaparan, yang tidak mampu untuk membeli makanan. Saat kita bisa mengingat semuanya itu kita menjadi  besyukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa, dan meningkatkan amalan-amalan baik agar kita mendapat derajat taqwa.

Azan maghrib berkumandang, acara dilanjutkan dengan berbuka puasa dengan menu takjil yang telah disediakan oleh panitia, di antaranya bubur kacang, bakso dan lainnya. Sesi terakhir adalah pembagian cenderamata untuk teman-teman PMI yang berada di shelter.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *