Taufiqurrahman: Kiprah dan Inovasi Kades Purna Jatinom

Author

Desa Jatinom adalah salah satu desa di Kecamatan  Kanigoro, Kabupaten Blitar. Dari hari ke hari, desa ini menunjukkan perkembangan yang signifikan. Di bawah kepemimpinan Taufiqurrohman, Kades purna, desa ini berkembang dengan sangat cepat dan tepat. Sosok yang akrab disapa Taufiq, ini telah merealisasikan beragam program kerjanya dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan sosial.

Perbanyak Program Bantuan Sosial

Salah satu kegiatan pemerintah desa (Pemdes) adalah penyerahan bantuan masyarakat kurang mampu oleh Babinkantibmas Jatinom. Selain itu, penyerahan berbagai bantuan alat usaha kepada pengusaha-pengusaha kecil di lingkungan desa. 

Bantuan sosial (Bansos) di Desa Pandanarum bukan hanya menyasar para pengusaha kecil yang menerima bantuan, namun juga para petani desa ikut merasakan manfaat dari kepemimpinan beliau. Salah satunya dengan penyerahan bantuan peralatan pertanian karena sebagaian besar masyarakat Desa Jatinom bermata pencaharian petani, sebab tanah di Jatinom tergolong subur dan tandus. 

Menggerakkan Kader Berpengalaman

Berbagai kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat  telah diterapkan, guna melahirkan masyarakat sebagai sumber daya manusia yang unggul dan maju. Mulai dari pembentukan kader-kader berpengalaman dan mempunyai profesional kerja yang tinggi. Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Desa Jatinom salah satu contohnya. 

Para kader Jumantik bertugas untuk memantau jentik-jentik di tiap-tiap rumah warga agar terhindar dari bahaya penyakit demam berdarah. Bukan hanya kader Jumantik, kader Posyandu pun juga ikut berperan serta melayani masyarakat desa. Kegiatan Posyandu Balita dilaksanakan secara rutin setiap satu bulan sekali, di sini selain pemberian gizi untuk balita para orang tua juga bias sharing mengenai tumbuh kembang si anak. 

Desa Ramah Lansia

Sedangkan untuk para lansia di desa Jatinom, kader juga melayani pos pelayanan terpadu untuk para lansia. Desa Jatinom juga telah menerima penghargaan sebagai Juara II sebagai “Desa Ramah Lansia”. Sungguh prestasi yang benar-benar patut untuk diacungi jempol. 

Jangan remehkan desa, karena kita sekarang tidak kalah dengan kota! Mungkin kata ini yang patut disematkan untuk desa Jatinom saat ini. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami peningkatan, sosialisasi progam pemanfaatan teknologi tepat guna salah satunya. 

Kegiatan berbagi pembelajaran bahasa Inggris dan pertukaran budaya. Kita juga kedatangan tamu dari Amerika dan Italy untuk memotivasi generasi muda untuk menoreh prestasi di kancah internasional. Speak English! Piece of cake, we can do it! Jika ingin maju dan berkembang coba untuk move on dari zona nyaman dan show up kemampuan.

Responsif Berdayakan KOPI

Komunitas Organisasi Pekerja Migran Indonesia (KOPI) Desa Jatinom juga merupakan komunitas organisasi desa yang patut diperhitungkan keberadaannya.  KOPI telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan dan disambut baik oleh Taufiq, yang saat itu masih menjabat sebagai Kades. Salah satu kegiatan yang dilakukan di desa adalah pelatihan jurnalistik untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, yang ditulis dalam majalah KOPI.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Oleh karena itu, Desa Jatinom selalu aktif berpartisipasi dalam kegiatan di Hari Kemerdekaan  Republik Indonesia, setiap tanggal 17 Agustus. Beberapa kegiatannya di antaranya adalah jalan sehat HUT RI dan lomba gerak jalan kreasi. Desa Jatinom juga keluar sebagai juara dan mendapatkan 2 penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Juara I dan II. Semoga ke depannya Desa Jatinom lebih berprestasi dan lebih maju lagi dan lagi. 

Tulisan ini ditandai dengan:Jatinom Kades Jatinom 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *