Tips Menjaga Kesehatan Mental bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI)

Author

  1. Sikapi dengan bijak perbedaan bahasa, budaya, agama dan kebiasaan di negara  setempat. Segeralah pelajari perbedaan dan berusaha menyesuaikan diri dengan perbedaan tersebut.
  2. Carilah orang yang lebih berpengalaman atau teman sebagai tempat berbagi dan bertukar pendapat untuk mengenali kultur baru atau mendiskusikan masalah lainnya.
  3. Hindari stres dan kecemasan. Jika keduanya terjadi, segeralah mencari aktivitas yang dapat meredakannya.
  4. Jika ada masalah, segeralah mencari pemecahan. Jadi, jangan memforsir diri untuk memikirkan sesuatu tanpa berusaha mencari jalan keluarnya.
  5. Bersikap terbuka dan jagalah komunikasi dengan keluarga. Kelekatan dengan keluarga akan membuat Anda lebih merasa nyaman dan aman. Sikap terbuka terhadap teman dan keluarga membantu Anda mengurangi stres dan kecemasan.
  6. Sibukkan diri dengan kegiatan positif seperti olahraga, berorganisasi atau menekuni hobi yang Anda sukai.
  7. Jangan lupa mencari hiburan yang sesuai dengan diri Anda. Sesekali manjakan diri Anda dengan hiburan positif yang bermanfaat.
  8. Jika Anda merasa ada masalah dengan kesehatan mental, seperti kecemasan dan stres yang berlebihan atau kehilangan fokus dan konsentrasi, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikiater. Mencegah baik daripada mengobati.
  9. Perbanyaklah ibadah dan dekatkan diri Anda dengan Tuhan. Ibadah akan memberikan ketenangan kepada Anda. Ketenangan akan membantu Anda menghindari persoalan mental. Ibadah bukan sekadar untuk memohon perlindungan pada Tuhan, namun juga ajang refleksi dan perenungan. 

Tulisan ini ditandai dengan:kesehatan mental pekerja migran Pekerja Migran Indonesia 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *