* Panduan

Mencari Tahu Status BMI yang di Balagh Hurub

Author

Website Ministry of Interior Kingdom of Saudi Arabia
Website Ministry of Interior Kingdom of Saudi Arabia

Balagh hurub adalah istilah yang digunakan pekerja migran di Arab Saudi untuk menyebut keadaan dimana majikan melapor pada pihak berwenang bahwa pekerjanya sudah tidak berada di tempatnya atau kabur. Status sudah atau belumnya balagh hurub sangat penting bagi buruh migran overstay di Arab Saudi. Jika sudah dilakukan balagh hurub, maka buruh migran bisa melanjutkan pulang atau kerja tanpa harus ada izin dari majikan lama.

Jika buruh migran belum di balagh hurub, maka untuk proses pulang ataupun kerja harus ada izin dari majikan lama. Proses balagh hurub ini merupakan salah satu hambatan dalam pemulangan buruh migran overstay di Arab Saudi. Untuk mengetahui apakah buruh migran sudah di balagh hurub oleh majikan atau belum, pertama-tama kita harus mengetahui nomor iqamah.

Bagi buruh migran yang telah memiliki print out, biasanya terdapat nomor iqamahnya. Setelah tahu nomor iqamah, buruh migran harus online dan masuk ke website Ministry of Interior Kingdom of Saudi Arabia. Berikut ini adalah caranya :

1. Klik website moi.gov.sa
2. Klik E-Service
3. Klik Pasport
4. Klik Query Iqama Expiry Service
5. Isikan nomor iqama pada kolom iqama number
6. Masukkan kode keamanan/ enter image kode yang tertera dalam gambar di bawahnya
7. Tunggu sebentar. Jika ada tulisan warna merah berbunyi Iqama/ID number is not valid, berarti buruh migran sudah di balagh hurub. Jika belum ada tulisan tersebut, berarti buruh migran belum di balagh hurub.

2 responses to “Mencari Tahu Status BMI yang di Balagh Hurub

  1. klo ga tahu no. iqamah bagaimana caranya pak,,?trus klo di deportasi dari arab saudi apakah bisa kerja lagi dsana,,? dan berapa tahun lama deportasi ,?mohon pencerahaannya pak,terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *