News

Komunitas KowBass Ciber Beri Ruang BMI untuk Berorganisasi

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Bertempat di Taman Victory, Causeway Bay, Hongkong, Komunitas Wong Banyumas Cilacap Bercahaya (Kowbass Ciber) mengadakan syukuran, Minggu,(6/11/2016). Syukuran tersebut dilakukan untuk memperingati hari jadi komunitas Kowbass Ciber yang berdiri sejak tahun 2015. Acara dihadiri sekitar 70 orang dari beberapa organisasi seperti GSBR, RN, PPK, PUC dan PNC serta anggotanya.

Komunitas Kowbass Ciber dibina oleh Teguh Subaryanto, Staf KJRI asal Cilacap dan diketuai oleh Sudarti, BMI asal Banyumas, Jawa Tengah. Komunitas ini tidak hanya beranggotakan BMI dari Banyumas dan Cilacap saja, namun ada juga anggota yang berasal dari Brebes, Jawa Timur dan Jawa Barat. Saat dihubungi oleh penulis melalui pesan WhatsApp, Sudarti menegaskan jika siapa saja boleh gabung di komunitas ini dan tidak terpatok pada asal daerah.

“Entah itu dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung dan sebagainya, yang penting kita menjaga persaudaran sesama BMI, “ungkap Sudarti.

Pertemuan rutin atau kopi darat (kopdar) anggota komunitas diadakan setiap sebulan sekali. Namun ada kegiatan di setiap hari Minggu, yakni latihan tari khas Banyumas, Rebana dan Ketrampilan. Setiap tanggal merah juga diadakan piknik bersama para anggotanya anggotanya yang saat ini kurang lebih berjumlah 45 orang. Komunitas Kowbar Ciber juga rutin mengumpulkan donasi yang kemudian disalurkan pada orang-orang yang membutuhkan di Banyumas dan Cilacap.

Adapun visi misi Kowbass Ciber yaitu:
Visi
1. Komunitas Wong Banyumas Satria Cilacap Bercahaya adalah sebuah keluarga besar yang memiliki cita-cita yang sama.
2. Menjadi komunitas orang Indonesia yang bergerak atas prinsip kepedulian sosial yang mandiri, beragama dan berbudaya.
3. Menjadi wadah untuk berkumpul dan berbagi, mengasah empati, berkumpul untuk menjalin tali silaturahmi, menambah dan mempererat persaudaraan, berbagi kepada sesama, yaitu berbagi ilmu dan rizki. Dengan berkumpul dan berbagi diharapkan bisa memperdalam empati dan kepedulian sosial.

Misi
1. Menjalin tali silaturahmi, meningkatkan rasa peduli dan menjadi komunitas mandiri yang berwawasan agama, sosial dan budaya.
2. Mengumpulkan shodaqoh untuk dibagikan kepada yang berhak langsung tepat pada sasarannya
melalui program program yang ada di Kowbass Ciber.
3. Menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, kegiatan sosial, pelatihan ketrampilan, pelatihan kewirausahaan, pengenalan kebudayaan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di tiap wilayah
sehingga anggota dapat memiliki pengetahuan keagamaan, kebudayaan, ketrampilan, kewirausahaan, kepedulian sosial, dengan tujuan agar anggota dapat memahami potensi diri masing-masing sehingga diharapkan mampu menjadi manusia mandiri yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi.
4. Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh anggota untuk mengejawantahkan kepedulian sosial dalam tindakan dan terlibat secara langsung sebagai motor kegiatan dalam proses saling belajar untuk melayani sesama.

Tulisan ini ditandai dengan: BMI Hong Kong buruh migran kowbass ciber 

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.