Omah Sinau Bareng Komunitas Pekerja Migran Desa Sumberagung Blitar

Omah Sinau Bareng Komunitas Pekerja Migran Indonesia (KOPI) Desa Sumberagung, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar menjadi tempat belajar anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) aktif, purna PMI, dan keluarganya. “Omah Sinau” berawal dari keprihatinan pengurus KOPI Desa Sumberagung karena menurunya semangat belajar anak-anak selama masa pandemi Covid-19. Selain itu, banyak para orang tua yang belum dan bahkan tidak mengerti tentang pembelajaran daring (online). Sehingga banyak orang tua yang kesulitan saat mendampingi atau membantu anak-anak mereka saat belajar atau mengerjakan tugas sekolah.

Untuk itulah, kami sebagai pengurus KOPI Desa Sumberagung berinisiatif mendirikan “Omah Sinau Bareng KOPI”. Inisiatif ini juga menjadi program kerja KOPI Desa Sumberagung dalam membantu PMI dan keluarganya. Lokasi “Omah Sinau Bareng KOPI” berada di rumah salah satu warga Dusun Sidoasri yang sedang menjadi PMI di Makau. Saat ini ada empat pengajar yang kesemuanya merupakan anggota KOPI Desa Sumberagung.

Syukurlah, inisiatif “Omah Sinau” mendapat apresiasi dan dukungan dari Pemerintah Desa Sumberagung, Kepala Dusun Sidoasri, Karangtaruna, tokoh masyarakat serta warga sekitar. Pada Januari 2022, Kepala Desa Sumberagung secara simbolis turut meresmikan “Omah Sinau Bareng KOPI”.

Saat ini, anak-anak yang belajar bersama di Omah Sinau sejumlah 45 anak. Mereka berasal dari berbagai sekolah dan tingkat pendidikan. Anak-anak yang belajar di Omah Sinau mulai dari usia pra sekolah, Taman Kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD) kelas 1-6. Tidak hanya warga Sumberagung melainkan juga dari desa sekitar. Materi yang turut diajarkan meliputi pelajaran membaca, menulis, dan berhitung. Materi pelajaran turut disesuaikan dengan kebutuhan dan pelajaran di sekolah masing-masing anak.

Selain untuk kegiatan belajar anak-anak pada sore hari, Omah Sinau juga digunakan untuk kegiatan posyandu lansia, pertemuan PKK Dusun, pertemuan rutin anggota KOPI dan pertemuan warga lainnya.

Para sukarelawan di Omah Sinau tulus ikhlas mendampingi anak-anak tanpa adanya imbalan. Meskipun tenaga pendamping belajar di Omah Sinau tidak memiliki gelar sarjana, kami yakin mereka mampu dan mempunyai kemampuan untuk mendampingi anak-anak belajar.

Kami berharap melalui Omah Sinau bareng KOPI, keterampilan, minat, dan semangat anak-anak di Desa Sumberagung dalam belajar kembali seperti sebelum adanya pandemi Covid-19. Mimpi kami, anak-anak warga Desa Sumberagung makin cerdas dan berkualitas.

Tulisan ini ditandai dengan: Anak PMI Belajar Daring Blitar KOPI Sumberagung pandemi 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.