Komunikasi Organisasi Pekerja Migran Indonesia (KOMI)

Author

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan jumlah angka migrasi ke luar negeri cukup tinggi. Dari banyaknya negara tujuan di luar negeri, Malaysia menjadi salah satu negara yang banyak diminati oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI). Di Malaysia, PMI membentuk berbagai komunitas dengan latar belakang yang berbeda. Ada yang berlatar belakang kedaerahan, sosial, seni dan sebagainya. Komunitas-komunitas tersebut tidak hanya sebagai ajang untuk berkumpul pekerja migran. Namun, mereka juga bergerak aktif untuk membantu menyelesaikan kasus-kasus yang menimpa pekerja migran  dan luput dari perhatian pemerintah.

Pada Mei 2018 dan bertempat di Lampam, Pasir Gudang, Johor Bahru, tercetus gagasan untuk membentuk sebuah komunitas yang bisa menaungi beragam komunitas pekerja migran di Johor Bahru. Diskusi tersebut dihadiri oleh TKIJ Batu Pahat, TKI Nusantara, Laskar Peduli Kasih, Pejuang Devisa Peduli dan pekerja yang belum tergabung dalam komunitas tertentu. Pertemuan tersebut didampingi oleh Infest Yogyakarta dan Arbeiterwohlfahrt Organisation (AWO). Dari Hasil diskusi akhirnya dibentuk satu jaringan Komunikasi  Organisasi Pekerja Migran Indonesia (KOMI). Jaringan ini disahkan berdiri dengan terbentuknya struktur pada 17 Juni 2018, di Sekretariat KOMI , Block C3#08/01, Larkin Idaman Apartemen, 80350, Johor Bharu.

Adanya pembentukan KOMI diharapkan bisa menjadi wadah berbagi bagi komunitas di Malaysia, khususnya di Johor Bharu. Saat ini sudah banyak komunitas yang saling terhubung, antara lain: Pawargo, PSHT Teratai, Becho Club, TKIJ Batu Pahat, Pejuang Devisa Peduli, Kowikacu, TKI Nusantara, Laskar Peduli Kasih, Laskar Bung Karno, Laskar Bledug Kelut, Pagar Nusa, dan  Aremania. KOMI juga menjadi penghubung antara PMI ke pemerintah (KJRI) ataupun komunitas-komunitas yang berhubungan dengan penanganan kasus PMI di Malaysia maupun di Indonesia. Lebih jauh, KOMI bisa menjadi tempat sarana belajar PMI mengenai berbagai hal yang erat kaitannya dengan ketenagakerjaan di Malaysia.

Setahun berjalan, KOMI sudah melakukan banyak kegiatan di antaranya:

  1. Membantu pemulangan jenazah PMI dari Malaysia ke Indonesia
  2. Membantu pengurusan jenazah PMI yang  tidak ada ahli waris (sanak saudara) hingga pengebumiannya di Malaysia
  3. Membantu mencarikan jalan penyelesaian kasus PMI yang menjadi korban penipuan agensi yang tidak bertanggung jawab
  4. Membantu pemulangan PMI tidak berdokumen yang sakit
  5. Belajar bersama KJRI Johor Bahru tentang tata cara penanganan kasus
  6. Belajar bersama tentang asuransi PMI dan hak asuransi bagi pekerja migran 

Lewat berkomunitas, KOMI berharap agar pekerja migran dapat bermanfaat bagi sesama PMI di Malaysia dan lebih berkembang dari segi jaringan maupun penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, lewat berkomunitas juga bisa memberikan berbagai pelatihan mengenai  bisnis, usaha, atau keterampilan lain yang bermanfaat setelah PMI memutuskan untuk pulang ke kampung halaman. KOMI juga berusaha menjadi sarana penyampai informasi tentang migran melalui media, baik media online maupun offline.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *