Berita

Hak Buruh Migran Ketika Sakit di Hong Kong

Author

Ilustrasi Hak Buruh Migran
Ilustrasi Hak Buruh Migran

Setiap BMI yang bekerja di luar negeri memiliki hak yang harus diterima selama bekerja di rumah majikan, salah satunya adalah hak asuransi kesehatan. Buruh migran tidak perlu takut saat sakit dan harus pergi ke dokter untuk periksa. Katakan kepada majikan saat badan terasa tidak enak dan ingin periksa ke dokter. Jika majikan tidak memberi uang, gunakan uang sendiri dan mintalah kwitansi pembayaran untuk diserahkan pada majikan.

Majikan akan mengganti pengeluaran sesuai yang tertera di dalam kwitansi tersebut dan majikan sendiri  yang akan mengklaimkan ke pihak asuransi. Buruh migran jangan mau jika majikan hanya mengganti separo atau kurang dari uang yang kita bayarkan ke dokter. Ini karena semua majikan memiliki kewajiban membayar seluruh biaya kesehatan kita sesuai dengan peraturan hukum ketenagakerjaan yang ada di Hongkong seperti yang tertera dalam kontrak kerja.

Beda halnya jika kita mengalami sakit ringan dan tidak perlu ke dokter. Kita bisa membeli obat di toko atau warung dan kebanyakan majikan tidak mengganti uang yang kita keluarkan. Meskipun begitu ada sebagian majikan yang baik hati mau mengganti semua uang kita. Namun alangkah lebih baik memeriksakan diri ke dokter saat badan terasa lelah atau tidak enak agar tahu penyebabnya apa dan mendapatkan obat yang tepat.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.