BeritaHeadlineInfo Negara TujuanPanduan

Panduan Menghitung Pajak Buruh Migran di Taiwan

Author

Alamat Kantor Pajak di Taiwan. Foto : Hani Tw
Alamat Kantor Pajak di Taiwan. Foto : Hani Tw

Membayar pajak merupakan salah satu kewajiban buruh migran sebagai pendatang asing yang memiliki penghasilan di Taiwan. Buruh migran yang tak membayar pajak akan terkena denda dan harus melunasi denda tersebut ketika akan pulang ke tanah air. Besarnya jumlah pajak untuk buruh migran domestik/informal sebanyak 6% dari jumlah gaji sebulan.

Penetapan besaran pajak tersebut bisa dilihat dari penjumlahan gaji kotor selama satu tahun. Jika gaji kotor dalam satu tahun berada di bawah NT$370.000 akan dikenakan pajak 6% dari total gaji. Jika dalam satu tahun melebihi NT$370.000, tetapi tidak lebih dari NT$990.000 akan dikenakan pajak 13% dari total gaji. Jika gaji buruh migran NT$15.000, maka pajak yang harus dibayarkan setiap bulan 6%x15.000 adalah NT$900/bulan.

Kawan-kawan buruh migran yang kurang jelas bagaimana cara menghitung pajak, ada kejanggalan jumlah pajak yang harus dibayar sebaiknya jangan malu untuk bertanya pada teman yang bisa menghitung pajak. Bisa juga menelpon 1955 atau bertanya pada kantor pajak setempat dengan menyebutkan nomor ARC, paspor, nama lengkap, JO, tanggal kedatangan dan tanggal kepulangan.

Bisa juga dengan datang langsung ke kantor pajak untuk menanyakan berapa besar jumlah pajak yang harus kita bayarkan. Jika datang ke kantor pajak jangan lupa untuk membawa :
1.Paspor
2.ARC
3.Surat rekomendasi ijin kerja yg dari CLA.
4.Surat Perjanjian Kontrak kerja
5.Bukti tiket pesawat elektrik (untuk yang kembali ke Taiwan lagi)
6.Uang, untuk persiapan apabila kita dikenakan pajak.

Sesampainya di kantor pajak kita akan dipandu oleh sukarelawan yang ada disana. Pembayaran pajak dilakukan setiap tahun pada tanggal 1 Mei-31 Mei. Alamat kantor pajak di Taipei:
NO.2 SEC.1 ZHONGHWA RD.TAIPEI CITY臺北市萬華區中華路1段2號 Telp:02-2311-3711 #1116 (bagian pelayanan utuk TKA)

Sumber: Atin Safitri dan Hani TW di Satgas KDEI.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.