Panduan

Lembaga Pendidikan dan Kursus Bagi BMI/TKI di Malaysia

Author

Ilustrasi Pendidikan
Ilustrasi Pendidikan

Di era globalisasi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa aspek pendidikan menjadi faktor dominan yang mempengaruhi masa depan. Lowongan pekerjaan yang tersedia saat ini banyak mencantumkan kualifikasi-kualifikasi minimal pendidikan. Bahkan untuk bekerja ke luar negeri sebagai buruh migran pun ada yang memberikan kualifikasi minimal pendidikan.

Lantas bagaimana dengan kawan-kawan BMI yang ingin melanjutkan sekolah, kuliah atau mengikuti kursus? Di negara penempatan buruh migran seperti Malaysia, ada kursus, sekolah dan kuliah yang bisa diakses oleh buruh migran yang bekerja di sana. Buruh Migran Indonesia masih bisa bekerja sambil meneruskan sekolah atau menambah ketrampilan di negara penempatannya.

Dengan meningkatkan pendidikan dan ketrampilannya, buruh migran lebih siap menghadapi masa depan ketika kembali ke negara asal. Berikut ini adalah informasi mengenai sekolah, kuliah, atau tempat kursus yang bisa di akses oleh buruh migran di Malaysia :

1. Kejar Paket Setara Sekolah
Kawan-kawan buruh migran yang belum menamatkan jenjang pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA bisa melanjutkannya dengan mengikuti kejar paket. Pendidikan di kejar paket A, B, C setara dengan pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA. Ijazah dari kejar paket juga dapat digunakan di sekolah atau universitas manapun di Indonesia. Informasi mengenai pendidikan kejar paket, bisa ditanyakan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

2. Kursus
Kursus bersama-sama dengan materi bahasa Inggris dan komputer bisa ditemui juga di negara penempatan buruh migran seperti Malaysia. Detailnya, kursus bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari dan kemampuan dasar menggunakan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Siapa saja boleh ikut dan gratis jika kursus ini diselenggarakan oleh organisasi. Banyak dari buruh migran yang sudah tua pun masih semangat untuk belajar di tempat kursus.

Salah satu organisasi yang menyelenggarakan kursus adalah Edukasi untuk Bangsa. Sejak tahun 2011, Edukasi untuk Bangsa membuka kursus setiap hari minggu dengan memanfaatkan kontribusi dari tenaga sukarela, ekspatriat dan juga mahasiswa Indonesia. Pendaftaran untuk kursus biasanya cukup mudah, hanya dengan mengisi formulir dan menyerahkannya. Informasi mengenai kursus bisa diakses di grup Facebook Edukasi untuk Bangsa dan bisa juga datang ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

3. Universitas Terbuka (UT)
UT mempunyai inisiatif melalui program-program pendidikan untuk memberdayakan para pekerja, tak terkecuali buruh migran di luar negeri. UT adalah tempat kuliah dengan biaya operasional kuliah yang relatif murah. Ijazah UT pun terakreditasi setaraf perguruan tinggi lainnya. Selain itu tidak ada batasan usia kuliah dan kuliahnya pun bisa menggunakan sistem belajar jarak jauh.

Implementasi sistem belajar-mengajar yang menggunakan istilah jarak jauh ini, boleh menggunakan metode Belajar Mandiri, TUTON (tutorial online), dan TTM (tutorial tatap muka). Peserta didik boleh menyesuaikan waktu untuk bekerja dan waktu untuk belajar. Untuk mendaftar menjadi mahasiswa UT di Malaysia, bisa dengan menghubungi pengurus UT Malaysia, membuka website UT, membuka grup PPI-UT Kuala Lumpur, atau bisa datang langsung ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang beralamat di Kuala Lumpur No 1, Lorong Tun Ismail, 50480 Kuala Lumpur Malaysia. Telepon : 03-26927682. Email sik@sekolahindonesia.edu.my dan sik.kualalumpur@gmail.com

Satu komentar untuk “Lembaga Pendidikan dan Kursus Bagi BMI/TKI di Malaysia

  1. Saya umur 42 saya di indonesia sdh mengikuti sekolah kejar paket c sampai semester 2.terus saya dapat pekerjaan di malaysia apa kah di malaysia nanti saya masih bisa melanjutkan sekolah saya sambil kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.