Berita

Konsultasi Gratis Oleh IMWU untuk BMI Hong Kong

Author

Suasana konsultasi seputar permasalahan BMI yang digelar IMWU Hong Kong
Suasana konsultasi seputar permasalahan BMI yang digelar IMWU Hong Kong

Minggu, 17 Maret 2013, bertempat di depan Indomart Causeway Bay Hong Kong, Indonesian Migran Workers Union (IMWU) yang bekerja sama dengan Liga Pekerja Migran Indonesia (LIPMI) dan Mission Hong Kong mengadakan konsultasi gratis. Konsultasi ini dimulai dari pukul 10 pagi sampai 5 sore waktu Hong Kong.

Sekitar 300 Buruh Migran Indonesia (BMI) mampir ke tempat konsultasi gratis ini untuk bertanya atau mencari informasi yang tidak mereka ketahui dan dilayani dengan ramah oleh anggota IMWU yang bertugas di sana.

Tersedia buku panduan dari labour (semacam bagian ketenaga kerjaan di Hong Kong) dan juga buku panduan yang dibuat oleh IMWU. Itupun masih banyak kawan yang hanya konsultasi saja karena mereka menyatakan sudah mempunyai buku panduan tersebut.

Menurut Anik Setyo, ketua IMWU, Konsultasi yang bekerja sama dengan LiPMI dan Mission ini adalah untuk pertama kali, namun kalau IMWU sendiri, setiap hari minggu selalu mengadakan di Victoria dan di setiap ranting IMWU melayani konsultasi gratis termasuk hari-hari biasa di saat pegiat IMWU bekerja di rumah majikan melalui telepon.

Harapan dari konsultasi ini karena sampai saat ini mayoritas kawan-kawan BMI di saat mempunyai masalah itu belum tahu kemana harus minta bantuan, ke KJRI justru di lempar ke agen bahkan kadang-kadang malah dibentak, jadi biar kawan-kawan tahu bahwa ada organisasi yang melayani konsultasi gratis. Kedua menyosialisasikan hak kita sebagai BMI dan pentingnya menggabungkan diri ke dalam Organisasi.

“Konsultasi ini mendorong keberanian kawan-kawan untuk melawan baik kepada agen atau majikan saat diperlakukan tidak adil berdasarkan UU perburuan yang sebelumnya harus dipelajari dan dipahami terlebih dahulu. Mengikis cara berfikir kawan-kawan yang hanya diam atau nrimo ing pandum saja saat di peras dan ditindas oleh agen dan majikan, karena takut diputus kontrak (PHK/terminit),” tutur Anik Setyo.

Sukses terus untuk IMWU. Semoga banyak BMI yang terbantu dengan adanya konsultasi gratis seperti ini. Apalagi tempat yang IMWU ambil juga sangat strategis dimana BMI setiap Minggu banyak yang berlalu-lalang di depan Indomart, tempat IMWU mendirikan lapak untuk mengadakan konsultasi.

Tulisan ini ditandai dengan:BMI Hong Kong IMWU Hong Kong konsultasi BMI LIPMI TKI Hong Kong 

One response to “Konsultasi Gratis Oleh IMWU untuk BMI Hong Kong

  1. Saya kontrak kedua.pernah pins yg kontrak pertama,kalu saya mau di majikan kedua dan saya merasa tidak naaman lalu mau keluar stelah dua mingo kerja.dan pas jam 11 kurang aku disuru keluar dari rumahnya Oleh majikan.lalu apa Aku akan membayar majikan …terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *