Berita

PPK Mataram Gelar Pelatihan Pewartaan BMI

Author

Yanti, pegiat PPK Mataram saat memfasilitasi pelatihan pewrtaan buruh migran di Lombok Barat
Yanti, pegiat PPK Mataram saat memfasilitasi pelatihan pewrtaan buruh migran di Lombok Barat

Perkumpulan Panca Karsa (PPK) Mataram menggelar Pelatihan Penulisan bagi mantan buruh migran (7/3/2012). Pelatihan ini merupakan pelatihan kali ketiga yang digelar PPK Mataram. Sebanyak 20 orang peserta yang berasal dari mantan, keluarga, dan pegiat buruh migran turut serta dalam pelatihan tersebut. Bila sebelumnya pelatihan ini digelar di Lombok Barat dan Lombok Tengah, maka kali ini Panca Karsa menggelar di Kelurahan Tanjung Karang Kecamatan Ampenan Kota Mataram.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya penyebaran informasi terkait buruh migran. Menurut Yanti (24), fasilitator pelatihan tersebut, pelatihan ini penting supaya informasi buruh migran semakin tersebar luas yang pada akhirnya dapat meningkatkan sumber daya dan pengetahuan antar buruh migran.

“Tidak hanya masyarakat Lombok Tengah dan Lombok Barat saja yang butuh informasi ini, tetapi masyarakat Kota Mataram juga sangat membutuhkannya,” ungkap Yanti.

Panca Karsa tidak hanya memperkuat basis pewartaan dan pemberdayaan buruh migran di Lombok Barat maupun Lombok Tengah, namun hingga wilayah Mataram. Banyak sekali kasus-kasus buruh migran dan cerita sukses di Mataram yang layak untuk dibagi dan saling dipertukarkan untuk diambil pelajarannya. Hal itu dibenarkan oleh Koordinator Advokasi dan Penanganan Kasus Perkumpulan Panca Karsa Mataram, Endang Susilowati (55). Dia menceritakan setiap tahun terjadi sekitar 50 kasus TKI di Kota Mataram.

“Oleh karena itu, pelatihan ini dirasa sangat penting artinya dilakukan di Mataram”, ujarnya. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan buruh migran khususnya di bidang teknologi dan informasi serta dapat mencari informasi yang tepat dan jelas sumbernya.

Tulisan ini ditandai dengan: Perkumpulan Panca Karsa (PPK) Mataram 

Satu komentar untuk “PPK Mataram Gelar Pelatihan Pewartaan BMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.