Berita

Pulang dari Arab, Lia Binti Sanali Jalani Cuci Darah

Author

Kondisi Lia Binti Sanali, TKI Arab Saudi yang sedang berhadapan dengan penyakit gagal ginjal.
Kondisi Lia Binti Sanali, TKI Arab Saudi yang sedang berhadapan dengan penyakit gagal ginjal.

Lia binti Sanali, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Wanagopa, Rt.02, Rw.04, Kelurahan Kerman, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah harus dipulangkan oleh beberapa kawannya di Arab Saudi karena menderita gagal Ginjal. Setelah tiba di Indonesia, Lia langsung dirawat di Rumah Sakit Polri Sukanto Kramat Jati, Jakarta Timur (14/01/12). Menurut Sugiono (31), adik ipar Lia yang menemani di rumah sakit, Lia masih harus menjalani cuci darah hingga dua kali.

“Sejak dirawat di RS Polri Sukanto, Lia sudah menjalani 2 kali cuci darah, Selasa (17/01) dan hari ini (20/01), keluarga belum mendapat kepastian dari pihak rumah sakit, PPTKIS, maupun pemerintah soal siapa yang akan menanggung pembiayaan dan upaya pemulihan kesehatannya.” tutur Sugiono, saat diwawancarai melalui sambungan telepon.

Berita tentang kondisi Lia binti Sanali diperoleh redaksi Pusat Sumber Daya Buruh Migran dari beberapa TKI di Arab Saudi melalui Facebook. Biaya selama dirawat di penampungan dan rumah sakit di Arab Saudi menurut keterangan Sugiono diperoleh dari penggalangan sumbangan dari warga negara Indonesia di Arab Saudi.

TKI yang diberangkatkan oleh PT Fajar Semesta Raya Perkasa tersebut kini berada di Rumah Sakit Polri Sukanto Kramat Jati dan menunggu perhatian pemerintah baik melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga kerja Indonesia (BNP2TKI) maupun perusahaan agen yang memberangkatkannya pada tahun 2007.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.