Guidelines

(Bahasa Indonesia) Cosan, Sapaan Wajib di Pagi Hari

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Cosan, Sapaan Wajib di Pagi Hari
Cosan, Sapaan Wajib di Pagi Hari

Cosan yang artinya selamat pagi menjadi sapaan wajib di pagi hari setelah bangun tidur dan bertemu dengan anggota keluarga di rumah. Suami ke istrinya, anak ke orang tuanya, pekerja ke para majikannya dan saat keluar rumah bertemu dengan orang-orang yang mereka kenal. Cosan bukan hanya diucapkan oleh orang-orang yang bekerja dikantor-kantor negeri atau swasta, pegawai-pegawai bank saat melayani para nasabah dan di tempat pelayanan umum lainnya.

Saya masih ingat tahun 2005 saat di penampungan. Seorang Buruh Migran Indonesia (BMI) yang entah karena takut atau malu untuk berkomunikasi dalam bahasa kantonis, dia sampai mendapat teguran dari agen setelah majikannya telepon ke agen dan bercerita kalau pekerjanya tidak pernah menyapa cosan saat pagi hari bertemu dengannya.

Bagi orang Indonesia, mengucapkan salam selamat pagi mungkin hanya ada di kantor-kantor, sekolah-sekolah atau instansi resmi lainnya. Tapi tidak dengan Hong Kong. Hampir di semua tempat mulai dari rumah sendiri sampai di toko-toko, pasar-pasar dan lainnya, saat pagi hari dan bahkan mendekati pukul 1 siang pun masih ada sapaan cosan. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”, peribahasa ini harus benar-benar diterapkan kepada calon BMI yang akan berjuang di negara lain karena jelas budaya negara kita jauh beda dengan negara yang akan dituju. Jangan malu atau ragu menggunakan bahasa negara setempat. (Fera)

2 komentar untuk “(Bahasa Indonesia) Cosan, Sapaan Wajib di Pagi Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.