Berita

PSD-BM Siapkan Pelatihan untuk Pegiat BMI di Lombok

Author

Awal 2011, Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSD-BM) melanjutkan pelatihan kelola informasi buruh migran di Pusat Teknologi Komunitas (PTK) Mahnettik di sejumlah daerah basis buruh migran. Pelatihan pada 8-9 Januari 2011 digelar di PTK Mahnettik Lombok Barat, dilanjutkan dengan Lombok Tengah pada 15-16 Januari 2011. Dua PTK Mahnettik tersebut didampingi Perkumpulan Panca Karsa, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang memiliki perhatian pada upaya perlindungan buruh migran. 

“Pelatihan di Lombok harus berbeda dengan pelatihan di beberapa daerah lain, kultur di Lombok berbeda, di jaringan media komunitas, para pegiat di Lombok lah yang paling aktif memproduksi konten,” tutur Yossy, di sela-sela mempersiapan perlengkapan pelatihan.

Sesuai email yang dikirim A. Zarqi, Pegiat buruh migran PTK Mahnettik Lombok Barat, peserta yang akan mengikuti pelatihan di Lombok Barat sebanyak 31 orang dan Lombok Tengah sebanyak 21 orang.  Dua pelatihan tersebut akan dipandu Yossy Suparyo, Kordinator PSD Buruh Migran dan Muhammad Irsyadul Ibad, Direktur Infest Yogyakarta.

PSD Buruh Migran berharap pelatihan ini menjadi media penguatan pengelolaan informasi dan pengetahuan pegiat PTK Mahnettik. Selain memanfaatkan pelbagai alat teknologi komunikasi dan informasi di PTK Mahnettik, pegiat akan mampu mengelola informasi dan pengetahuan seputar buruh migran.

PTK Mahnettik di Lombok akan bergabung dengan pegiat PTK Mahnettik di daerah lain untuk mendorong buruh migran dan keluarganya menjadi berdaya bekal informasi yang mereka miliki. (LM)

One response to “PSD-BM Siapkan Pelatihan untuk Pegiat BMI di Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.