Panduan Menjamin TKI Tidak Berdokumen dari Tahanan Imigrasi Malaysia

Author

Ilustrasi Penjara Imigrasi
Ilustrasi Penjara Imigrasi

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tidak berdokumen atau Pendatang Asing Tanpa Ijin (PATI) banyak sekali kita jumpai di Malaysia. Mereka bekerja pada sektor-sektor yang lazimnya dikatakan sebagai sektor yang sulit, kotor dan berbahaya; seperti sektor konstruksi, perkebunan dan pekerja rumah tangga. Sebenarnya mereka menjadi tidak berdokumen bukan karena keinginan mereka sendiri ketika menentukan keputusan untuk bermigrasi sebagai pekerja di Malaysia.

Pada dasarnya mereka memasuki Malaysia dengan membawa dokumen yang resmi, tapi mereka menjadi tidak berdokumen disebabkan oleh biaya administrasi yang tinggi dalam migrasi (termasuk pembayaran kepada agensi di Indonesia dan Malaysia), menjadi korban kejahatan (penipuan dan pemalsuan), tata cara birokrasi di antara Indonesia dan Malaysia serta pembatasan kebijakan dari imigrasi Malaysia, demikian hasil laporan kajian yang disampaikan oleh Lin Mei dari Universiti Malaysa pada tahun 2006 yang berjudul Indonesian Labour in Malaysia: A Study from China.

Ketika kita menjumpai saudara, kawan atau kerabat kita yang tertangkap tangan oleh operasi dari kepolisian dan imigrasi Malaysia, maka ada beberapa cara untuk menjamin mereka. Berikut merupakan tata caranya:

  1. Pastikan di mana TKI tidak berdokumen tersebut ditahan. Informasi ini bisa ditanyakan langsung ketika terjadi operasi kepada petugas yang melakukan operasi. Atau melalui informasi diperoleh dari yang bersangkutan ketika menghubungi anda dan menyampaikan di mana dia di tahan. Biasanya TKI yang tidak bordokumen ini ketika ditahan, mereka diberikan kesempatan untuk menghubungi saudara atau kerabat terdekat.
  2. Informasi yang diperoleh sangat terbatas. Misalkan informasi yang kita dapatkan hanya sebatas jika si fulan telah tertangkap oleh imigrasi atau polisi. Maka yang harus anda lakukan adalah dengan menanyakan langsung kepada Jabatan Imigrasi yang terletak di Jabatan Imigresen Putrajaya atau merupakan kantor pusat imigrasi, pada bagian pengusiran warga negara asing. Pastikan identitas dari TKI tidak berdokumen tersebut ketika menanyakan kepada petugas imigrasi.
  3. Jika TKI tidak berdokumen tersebut telah diketahui keberadaannya di mana dia ditahan, maka besuklah dia. Petugas akan menanyakan secara rinci identitas orang yang akan membesuk tahanan, termasuk status ijin tinggal di Malaysia.
  4. Detention center (rumah penahanan imigrasi) ini merupakan kawasan terbatas di mana orang awam dilarang masuk tanpa keperluan yang ditentukan oleh undang-undang Malaysia. Maka barang-barang seperti: handphone, kamera, komputer jinjing, senjata tajam, pistol, minuman keras dan obat-obat terlarang; dilarang untuk dibawa masuk. Petugas menyedikan tempat penitipan.
  5. Mengisi formulir pengunjung yang disediakan oleh petugas. Pastikan nama, nomor paspor (jika ada) dan nomor badan (jika belum diketahui nama saja juga bisa, tapi harus jelas ejaannya) TKI tidak berdokumen yang ingin anda kunjungi.
  6. Petugas hanya mengijinkan untuk berkomunikasi dengan TKI tidak berdokumen selama 30 menit. Petugas juga mengijinkan untuk memberikan perbekalan kepada penghuni rumah tahanan, seperti: sabun, pasta gigi, sampoo, roti, minuman ringan, biskuit, makanan ringan dan bekal-bekal lainnya. Namun, semua bekal tersebut tidak diijinkan jika dibawa dari luar. Di dalam rumah tahanan imigrasi menyediakannya, maka anda boleh untuk membelinya.
  7. Setelah anda selesai berkomunikasi, maka tanyakan kepada petugas di mana pejabat (kantor) rumah tahanan tersebut. Katakanlah jika anda ingin menjamin tiket yang bersangkutan untuk pulang ke Indonesia.
  8. Jika TKI tidak berdokumen tersebut masih memiliki paspor dan masih berlaku paspornya. Maka anda boleh menjamin untuk tiket kepulangan sebesar RM 750.00. Biaya jaminan tersebut akan berbeda jika kepulangan yang bersangkutan berbeda jarak. Biaya RM. 750.00 itu untuk kepulangan ke Surabaya. Anda juga diperkenankan menitipkan uang dan barang pribadi (pakaian) tersebut kepada TKI tidak berdokumen. Barang titipan dan uang tersebut akan diberikan kepada TKI tidak berdokumen ketika mereka pulang. Penjaminan atas TKI tidak berdokumen ini tidak berlaku jika yang bersangkutan telah melakukan tindak kejahatan ketika tertangkap. Kerena jika kasus demikian, maka yang bersangkutan harus mengikuti sistem peradilan dan penghukuman (jika terbukti) terlebih dahulu.
  9. Jika tidak memiliki dokumen sama sekali, maka usahakan mendapatkan dokumen dari Indonesia (surat keterangan domisili) atau dari KBRI/KJRI setempat yang berupa SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor). Ini untuk membuktikan kepada imigrasi bahwa betul jika yang bersangkutan ialah warga negara Indonesia. Setelah mendapatkan dokumen tersebut, maka anda dapat melakukan sesuai dengan cara nomor 8.
  10. Terakhir jangan lupa untuk menanyakan kepada petugas imigrasi mengenai kapan yang bersangkutan akan dipulangkan ke Indonesia.

Sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang Malaysia artikel 36 Akta Imigresen 1959/63 yang telah diamandemen tahun 2006 menyebutkan bahwa seseorang yang telah terbukti bersalah memasuki atau tinggal di Malaysia dengan tidak sesuai aturan yang berlaku maka ancaman hukuman akan didenda tidak melebihi RM. 10,000.00 atau hukuman penjara tidak melebihi lima tahun atau kedua-duanya dan akan juga dikenakan hukuman cambuk yang tidak melebihi enam sebatan.

59 komentar untuk “Panduan Menjamin TKI Tidak Berdokumen dari Tahanan Imigrasi Malaysia

  1. Bayar untuk tiketnya langsung di imigresen atau kita beli sendiri di luar… Atau kita cuma bayar aja di situ… Nnti imigresen yg urus semuanya…???
    Mohon penjelasannya… Trima ksih atas informasinya…

      1. assalamualaikum 🙏
        saya ingin bertanya , bagaimanakah kalau saya ingin memulangkan anak dengan tanpa (non) dokumentasi beserta anak tersebut tanpa dokumentasi ? terimakasih
        wassalamualaikum 🙏

        1. Jika anak Anda di luar negeri dan ingin dipulangkan, maka Anda dapat membuatkan dokumen Surat Bukti Pencatatan Kelahiran (SBPK) dan setelahnya dapat mengurus Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

      1. assalmualikum bagaimana caranya tau kakak saya ditahan dimana karna beberpa hari ini tidak ada kabar saya cemas kalo kena tangkapp imigresen?dia bertempat dimelaka

  2. Mau tanya sya kan sdah urus semua pada no. 8 sya sdah bayar tapi katanya sya disuruh tunggu kira2 ini surat itu berpa lama keluar mohon jawabannya
    Terima kasih

    1. Biasanya nggak lama, kemungkinan 4-7 Hari. Sekalian lihat tabggal kepulangan tiket pesawatnya yang beli di situ juga, karena nggak mungkin exit permit dikeluarkan setelah tiket kepulangan.

        1. Keluarga kami asal indonesia,,,masuk ke malaysia dengan dokumen lengkap..
          Akan tetapi dia kesandung masalah hukum.. alhamdulillah untuk mahkamah sudah selesai dan di jatuhi hukuman berupa denda.. alhamdulillah juga kawan2 dia bisa membayarkan denda tersebut..

          Lepas itu keluarga kami di hantar langsung ke imigresen dan masuk dalam depot imigresen.. seminggu dalam depot kami menjamin kepulangan berupa tiket untuk pulang yg di bayarkan ke depot imigresen..

          Berapa lama keluarga kami akan di pulangkan setelah ada yang menjanjikan tiket pesawat beliau?? Atau ada prosedur lain??

          Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih..

  3. Assalamualaikum,saye punya keluarga di tahan di pelabuhan kelang Malaysia,bagai mana cara mengurusnya.Agar family saya dapat keluar.trimaksh, wassalamu’alaikum.

  4. Pasport saya ditahan dengan agensi saya dibatam. Sekarang saya tak pegang pasport? saya ada anak 1 tahun lebih dan saya tengah mengandung anak ke2. Saya mau serah diri tapi saya 1RM pun tak punya.. Apakah saya akan dipenjarakan selama 5 tahun?? Maafkan saya…

  5. Keluarga kami asal indonesia,,,masuk ke malaysia dengan dokumen lengkap..
    Akan tetapi dia kesandung masalah hukum.. alhamdulillah untuk mahkamah sudah selesai dan di jatuhi hukuman berupa denda.. alhamdulillah juga kawan2 dia bisa membayarkan denda tersebut..

    Lepas itu keluarga kami di hantar langsung ke imigresen dan masuk dalam depot imigresen.. seminggu dalam depot kami menjamin kepulangan berupa tiket untuk pulang yg di bayarkan ke depot imigresen..

    Berapa lama keluarga kami akan di pulangkan setelah ada yang menjanjikan tiket pesawat beliau?? Atau ada prosedur lain??

    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih..

  6. Suami saya dh 11 hari ditahan. Semua sudah diurus toke. Tapi harus tunggu sidang dan saat sidang katanya akan ada denda. Jika sudah bayar denda bisa langsung bebas? Mohon penjelasannya.
    Terimakasih

    1. maaf saya mau tanya family saya ada yg ditahan imgirasen malaysia di sibu karena masalah dokumen . sudah 1 minggu tp blm ada kejelasan .saya bisa bantu proses keluar dengan cara apa ? mohon dibantu , terimakasih

    2. Kak masa suami kakak ditahan itu dia boleh telp keluarga terdekat nggak? Kawan saya ini saya rasa kena tahan soalnya dia nggak ada kabar langsung udah 3 hari ..

  7. Saya sudah jamin tiket kepulangan keluarga saya dalam depot imigresen langkap,,,akan tetapi sudah 3 minggu belum di pulangkan,,,paspor dia masih aktif.. dia selesai mahkamah dan di jatuhi denda,,selesai bayar denda langsung hantar ke depot imigresen,,kita sudah jamin tiket dan dapat resit,,kenapa belum di pulangkan juga,,prosesnya berapa lama y???

  8. kalau ingin cari orang kata nya kenak tangkap gimana cari nya
    1.tidak tahu nomo badan
    2.tidak tahun tempat di dia tempatkan penjara nya

    1. coba telfon penjara atau depot imigration terdekat dari tempat dimana dia ditangkap. nanti bisa ditanyakan langsung kepetugasnya mengenai nomer badan dan sebaginya.

  9. Istri saya ditahan imigresen kajang. Bagaimana caranya mengetahui/melihat daftar nama tkw yg ditahan via online.

  10. Selamat malam, saya dari Indonesia, maaf saya ingin bertanya apakah bisa kami menghubungi keluarga kami yg baru dipindahkan di kantor imigrasi dan bagaimana cara bisa menjamin tiketnya supaya bisa pulang ke Indonesia
    Terima kasih

  11. Suami saya sudah 14 hari ditahan dan slama itu blom ada kabar sama sekali
    Gimana cara cari tau informasi ny

  12. Suami saya ditangkap di pelabuhan pasir gudang pada tgl 15 Juni 2020 sampai hari ini blm keluar aku gak tau dia ditahan dimana dan berapa lama?
    Cara mengetahui atau mendapatkan informasi dari mana ya tolong saya

    1. Dear Ibu Kaimatul,

      Dalam situasi normal (tidak ada covid) tahanan tidak bisa dijenguk 14 hari sejak dia tertangkap. Ibu dapat menghubungi kantor imigresen/Jabatan Imigresen Johor Bahru di Taman Kompleks Kementerian Dalam Negeri, Jalan Setia Tropika, Setia Tropika, 81200 Johor Bahru untuk menanyakan mengenai data pekerja migran yang ditangkap. Terima kasih.

  13. Sy mau tnya.. Klau kesalahan paspot yg mati 2019. Dan tertangkap polis Malaysia.. Adakah polis mempunyai kuasa untuk tahan d lokap.. Dan kpa tdk trus serah kpd pihak imigesen..

  14. Suami saya baru di tahan di depot imegresen semenyih. Pasport nya mati tanggal march 2020. Bagaimana mau saya buat urusan SPLP nya supaya cepat di hantar pulang ke kg? Kaunter imegresen semenyih berurusan nnti

  15. Saya mau tanya apakah di tahanan imigresen depo ada tahanan yang bernama muhammad anggara dari wni. Klu ada tolong infonya. Dan bisa tidak di urus kepulangan nya ke indonesia.

  16. Kalau 2 minggu kena tahan apa boleh trus jamin belikan tiket balik.dan kira2 butuh brapa lama di pulangkan dari saat pngurusan pembelian tiket tsb.mohon infonya

  17. Assalamuailaikum …bagaimana cara kita mengetahui kalau yg sudah bebas dr tahana d bawa kmn .krna adik sy kt nya bebas tggal 25 feb 2021 tapi sampai skrg kami tidak ada dmn dan bagaimana ..tolong infomasinya bapak/ibuk

  18. Saya punya sahabat baik yang ditangkap sekitar pertengahan 2020. Dia ditangkap di selayang. Dari info yang saya dpt menerusi seorang yg ad pertalian darah dgn sahabat saya ini mengatakan dia masih ditahan di semenyih Kajang (kini Mei 2021). Itu sahaja maklumat yg ada. Disini sya ingin meminta agar ditunjukkan langkah dan cara yg perlu saya lakukan untuk membantu sahabat saya ini. Saya adalah rakyat malaysia dan tidak mempunyai sebarang maklumat lain selain nama penoh sahabat saya ini. Saya sangat2 berharap diberi guideline.

  19. Yang di tahan bulan februari 2021 kapan di pulangkan?
    Suami saya ditangkap pada saat mau pulang lewat belakang,pasport sama permit ditahan sama bos.

  20. teman sy di tahan di imigrasi depo machap umboo melaka dari 8hb june kemarin smpai saat ni…kapan dia dipulangkan setelah byar biaya 2ribu ringgit malaysia ???

  21. Asslamualaikum tua sya nak cek abang sya dengan nomor badan12101997 betul kedia dah dibuang kat depo johor dan dah bole jamin tiket ke,atau imigersen langsung buang tuan

  22. husband saya kena tahan dekat emigresen lenggeng dah seminggu
    saya tak tau nomer badan dia
    saya nak jamin tiket pun belum juga
    berapa lama waktu husband saya bisa pulang Indonesia setelah sudah ada yang jamin tiket nya
    tolong di jawab 🙏🏻

    1. Salam tuan puan saya mohon untuk informasi nya untuk warga asing yang terletak di depot penjara pekan nenas dan berindetitas wni nama penuh :dina saprina
      : No badan: 03-237
      Bagai mana saya boleh menjamin ticket nya ncik tolong bantu saya puan /tuan
      saya berharap dari pihak pengurus JIM Johor pekan nanas dapat memberikan kami bisa menjamin ticket secara online
      🙏🙏🙏

    1. suami saya di tangkap imegresen Malaysia pada tgl 4 Desember 2023 pukul 19: 22 kemarin sampai saat ini saya belum tau dimana iya dtahan dan berapa no badan nya karna suami saya tanpa paspor yang bernama Fauzi dia hanya memegang kopian paspor lama nya mohon di bantu ya pak. dan ada yang bilang dia di penjara kajang mohon info nomor badan nya ya pak Atas nama Fauzi

  23. Maaf…saya ada keluarga
    Nama : Yudi Antara / Antara Yudi
    Tarik :08 Maret 2022
    Tempat tinggal :Kg Ketari. Bentong. pahang
    tengah di tahan dekat imigresen Pahang.malaysia
    Saya tak dapat hubungi dia dan juga tak tau nomor badan dia.
    Saya mau menjamin dia untuk segera pulang ke Indonesia.mohon untuk bantuannya.terimaksih

  24. Salam kami mencari keluarga kami di tangkap imigesen Uda 1tahun belum pulang lagi no badan nya 0217 nama nya ramahadi klu ada tau tolong info nya terima kasih

    1. syalom 🙏 mf
      saudara sya kena tangkap di penjara Bentong pahang
      Nama : Yeremias Nainahas, petrus oeleke, Yerem
      dan sya tdak tau nomor badannya
      sdah ditahan selama 9 bulan
      dan tdak bisa di hubungi
      sya mau mnjamin tiketnya untuk pulng ke Indonesia
      mohon bantuannya,, trimaksih 🙏🙏

  25. assalmualikum bagaimana caranya tau kakak saya ditahan dimana karna beberpa hari ini tidak ada kabar saya cemas kalo kena tangkapp imigresen?dia bertempat dimelaka

    1. saya nak tanya saya di Malaysia dengan paspor melancong tadinya mau dijamin kerja tapi selepas sampai ke Malaysia orang yang bawa saya pergi, saya takut saya mau menyerahkan diri karena saya bersalah,

  26. Nak tanya boss sy baru setahun kat Indonesia baru blk Dr Malaysia thn 2022 bln 6.. dithn 2023 ni lepas raya rencana nak masuk lg Malaysia blh Kee tdk.sebab sy blk tu hari byr kampaun jd blacklis la.

  27. saya mau tanya bagaimana cara mengetahui nomor baju tahanan pati.soalnya mau menjamin . namun diminta berapa no bajunya.

  28. saya mau nanyak , apakah benar akak saya di tahan di polis kajang , tahanan perempuan , boleh di cek akak saya disana sebab udah mau 3 minggu tak ada kabar dari hari keberangkatan nya jalur belakang sampai dini hari tak ada kabar apapun no badan nya 2-23-01063 nama indah ayu putri

  29. saya mau nanyak , apakah benar akak saya di tahan di polis kajang , tahanan perempuan , boleh di cek akak saya disana sebab udah mau 3 minggu tak ada kabar dari hari keberangkatan nya jalur belakang sampai dini hari tak ada kabar apapun no badan nya 2-23-01063 nama indah ayu putri

  30. assalamualaikum saya nak tanya,,suami saya melancong ke Malaysia baru 5 hari,bahkan tiket pulangnya masih ada 2 hari dengan hari yg kena tangkap.dia ketangkap imigresen bersama adik sepupunya yg sedang bekerja dan dibawa ke lokap..sudah 9hari dia dilokap belom ada kejelasan,sebentar aja tidak dikasih jumpa..apakah dia akan dipulangkan dan akan kah dia di blacklist.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.