Guidelines

Mengenal Tanda Peringatan Badai Tropis dan Hujan Badai di Hong Kong

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Tanda Peringatan Badai Tropis di Hong Kong
Tanda Peringatan Badai Tropis di Hong Kong

Hong Kong memiliki kondisi cuaca yang berubah ubah di berbagai tempat. Di bulan Mei dan November, badai tropis biasanya datang di negeri beton ini. Sebagai buruh migran, kita harus selalu memperhatikan informasi terkini mengenai pergerakan badai tropis dan hujan badai lewat radio, televisi, atau internet lewat website yang memuat kondisi cuaca Hong Kong.

Website untuk melihat kondisi cuaca di Hong Kong bisa dilihat di www.hko.gov.hk dan www.weather.gov.hk. Bisa juga dengan menghubungi kontak telepon 1878-200. Sebelum memutuskan untuk keluar rumah di cuaca yang tak pasti, kita bisa lebih dulu melihat ramalan cuaca. Baru setelahnya memutuskan melakukan kegiatan-kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di luar rumah.

Sesuai dengan kondisi topografi daerah tempat tinggal atau letak bangunan, hujan dan angin yang bertiup di tempat Anda tinggal barangkali berbeda dengan kekuatan angin di tempat lain. Angin sering bertiup lebih kencang jika lewat di atas permukaan laut dan tanah yang lebih tinggi. Menurut buku panduan Hong Kong, angin akan lemah bila lewat di daerah tempat angin berganti arah. Berikut ini adalah sinyal peringatan adanya badai tropis yang diambil dari Buku Panduan Hong Kong :

Ketika sinyal No. 1 dikeluarkan, Anda harus waspada dalam merencanakan aktivitas, terutama harus berhati-hati terhadap kemungkinan meningkatnya kekuatan badai tropis didaerah perairan. Ketika signal No. 3 dikeluarkan, amankanlah semua benda yang mungkin saja bisa lepas, terutama yang ada di balkon atau atap rumah. Amankan tiang dan bambu untuk bangunan sementara. Angin di perairan bisa meningkat kuat.

Ketika signal No. 8 dikeluarkan, pastikan semua dalam kondisi aman sebelum Anda tidak bisa berbuat apa-apa. Ketika signal No. 9 atau No. 10 dikeluarkan, semua tindakan antisipasi telah dilakukan semua. Tetaplah didalam ruangan dan menjauhlah dari jendela dan pintu supaya terhindar dari terkena benda yang terbang dan jatuh menimpa anda.

Sebagai buruh migran yang tinggal di Hong Kong, kita juga perlu mengenali sinyal peringatan jika hujan badai melanda Hong Kong. Ada tiga sinyal peringatan jika hujan datang: kuning, merah dan hitam. Sinyal peringatan hujan badai warna kuning jika hujan deraas turun dan diperkirakan merata di seluruh Hong Kong, dengan curah hujan lebih dari 30 milimeter/jam dan beralangsung lama.

Sinyal peringatan merah muncul jika curah hujan lebih dari 50 milimeter/jam dan akan terus berlanjut. Buruh migran yang akan bepergian perlu mempertimbangkan kondisi cuaca dan jalan. Bagi orang yang sudah bepergian di luar ruangan harus hati-hati dan mempertimbangkan kondisi cuaca.

Jika sinyal peringatan hujan badai warna hitam, diperkirakan hujan melebihi 70 milimeter/jam dan akan berlangsung terus menerus. Buruh migran sebaiknya tetap berada dalam ruangan dan mencari tempat perlindungan yang aman sampai hujan deras lewat. Pekerja yang berada di luar ruangan harus berhenti dan mencari tempat perlindungan.

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.