Guidelines

(Bahasa Indonesia) Pekerja Migran Taiwan Berhak Memutuskan Hubungan Kerja dengan Majikan

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Ilustrasi Kontrak Kerja
Ilustrasi Kontrak Kerja

Pekerja migran di Taiwan berhak memutuskan hubungan kerja pada majikan sebagaimana diatur dalam kontrak kerja pasal 6 ayat 6. Pekerja (pihak kedua) dapat memutuskan hubungan kerja jika majikan melakukan hal-hal di bawah ini :

1. Selama masa perjanjian kerja, majikan memperlakukan kekerasan atau sejenisnya yang bersifat memalukan pekerja.
2. Majikan tidak membayar gaji atau tidak membayar penuh gaji pihak kedua.
3. Bekerja di luar perjanjian karena permintaan pihak majikan.
4. Majikan tidak jujur dan mengungkapkan isi dari perjanjian kerja ini, sehingga pekerja percaya dan menyebabkan hak pekerja dirugikan.
5. Pekerjaan yang ditentukan di dalam perjanjian kerja dapat membahayakan kesehatan pekerja. Setelah diminta untuk memperbaiki kondisi kerja pekerja, pihak majikan masih tidak mengambil langkah perbaikan.
6. Majikan atau wali majikan menderita penyakit menular yang dapat menular ke pekerjanya.
7. Majikan melanggar perjanjian kerja atau peraturan lain yang merugikan pekerjanya.

Dalam kontrak kerja pasal 6 ayat 6 juga disinggung bahwa selama perjanjian kerja, apabila karena alasan tertentu yang mengakibatkan majikan kehilangan izin untuk mepekerjakan buruh migran atau memenuhi hal-hal yang telah disebutkan pada perjanjian kerja pasal 6 ayat 5, untuk memberikan perlindungan hak kerja pada pekerja, maka pihak majikan harus melepaskan quota pekerja.

Jika pekerja tak menyetujui untuk pindah majikan atau setelah dilakukan proses pindah majikan namun tak mendapatkan majikan baru, maka kedua belah pihak setuju untuk memutuskan perjanjian kerja dan seluruh gaji sebelum pemutusan perjanjian kerja harus diserahkan pada pekerja.
Jika majikan tidak mau memutuskan hubungan kerja, buruh migran/pekerja migran bisa menghubungi 1955 dan mengadukan permasalahan di sana. Jangan lupa catat nama penerima dan jam berapa melapornya.

Sembari menunggu pihak terkait datang, siapkan bukti-bukti pelanggaran yang dilakukan majikan. Bukti yang paling kuat diakui oleh hukum Taiwan adalah foto dan rekaman suara. Jika tak ada tanggapan dari 1955, pekerja migran bisa menghubungi KDEI Taiwan dan organisasi-organisasi buruh migran yang berada di Taiwan seperti ATKI dan IPIT.

Sumber : Hakun Marta dan IPIT Taiwan

10 responses to “(Bahasa Indonesia) Pekerja Migran Taiwan Berhak Memutuskan Hubungan Kerja dengan Majikan

  1. Saya jaga nne 2taun 3bln,tp dia meninggal,trs gnti alih jga kake
    Kontrak hbis bln 11,
    Aku mau pulang bln 11 ps kontrak ku 3 taun
    Yg jd pertanyaan Apkh aku gnti alih jga kke apkh kontrak baru apa lnjut ya 😔

  2. Saya berkerja di taiwan sudah 3 thn, dan Saya baru saja memperpanjang kontrak kerja saya, dan sekang sudah berjalan 2 bulan. Apakah saya boleh memutuskan kontrak kerja saya?? Apakah saya boleh pulang sebelum finish

  3. Mohon informasinya, saya akan berencana pulang bulan juni ini. Bila dihitung sampai juni ini, saya sudah bekerja selama 34 bulan di taiwan ( job pabrik ). Sebenarnya apa saja hak yang bisa saya dapatkan ?
    – apakah tiket pulang saya tanggung sendiri ?
    – apakah ada penggantian uang cuti ? ( selama bekerja saya tidak pernah cuti )

  4. Saya krj dtaiwan 8 bln.hari prtama smpai 6 bln krjaan sesuai dg kontrak.tp 2 bln ini kerjaan saya double.dsuruh bantu2 dtoko kalo pagi.dan seminggu 3 kali dsuruh bersih2 drumah yg lain.apa bisa ganti majikan?saya merasa lelah dg pkrjaan skrg.trma ksh

  5. Temen saya kerja di pabrik taiwan trs pekerjaanya tidak sesuai dengan kontrak kerja,,hbs itu dia tlf sama ejensi di jemput mau di carikan job pabrik baru…Mohon info jika dia mau pulang saja ke indo bisa apa gak…gak usah di carikan job baru,,trs itu gimana prosedurnya..mohon penjelasan

  6. saya sudah kerja dngn majikan baru selama 1.5 trus ingin putus kontrak karna bapa meninggal dan ibu sakit tpi awalnya bos ga kasih izin krna ngomong trus bos kasih izin bulan 12 taun ini plng
    tpi sudah berapa minggu ini kerjaan d tambah dan semua serba salah gaji pun d potong
    bagimana Solosi nya
    bos juga ada bilang klo saya putus kontrak kena denda 100.000nt
    atm dan arc paspor d sita bos

  7. Saya bekerja d taiwan bru sekali ini bekerja majikan ini hbs kontrak bln 6 tgl 4 thn 2020 la trs saya bln 4 tgl 1thn 2020 mau putus kontrak mau ganti majikan mau gantiin ponakan apa bisa, kata penerjah kok g bsa, sya mau putus kontrak kurang 2bln aj masak g bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *