(Bahasa Indonesia) Jambore Buruh Migran

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Jambore Buruh Migran
Jambore Buruh Migran

JAMBORE BURUH MIGRAN

Mungkin banyak pelaku migrasi (buruh migran) dan pegiat buruh migran (biasa disebut Tenaga Kerja Indonesia/TKI) juga pelaku kepentingan yang sudah mulai jenuh dengan berbagai diskusi serius mengenai problematika buruh migran dan cara menanganinya.

Kejenuhan itu muncul salahsatunya karena upaya-upaya tersebut tak juga menyelesaikan persoalan. Rekomendasi diskusi yang diajukan seperti menjadi dokumen yang tidak bermakna. Regulasi yang ada tak sepenuhnya terjawab oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun pemerintah desa menjadi regulasi yang berperspektif perlindungan. Apalagi sampai memasukkan rekomendasi tersebut menjadi bagian dari regulasi.

Dalam konteks kejenuhan tersebut Lakpesdam NU Cilacap, Forum Warga Pekerja Migran Cilacap, Warga dan Pemerintah Desa Sidaurip, bekerjasama dengan Yayasan Tifa, World Bank, BNP2TKI mengadakan sebuah ruang pengarusutamaan keberpihakan kepada buruh migran melalui Forum Jambore Buruh Migran Indonesia. Jambore Buruh Migran dibuat menjadi ruang diskusi santai, ruang rekreasi dan ruang keakraban bagi pegiat-pegiat buruh migran.

Jambore Buruh Migran juga didukung oleh Gerakan Desa Membangun, Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI), Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah (JRK-Jateng), SBMI Banyuwangi, WCC Mawar Balqis Indramayu, Infest Jogjakarta, Blogger Banyumas, Blogger Cilacap, Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSD-BM), Search For Common Ground Indonesia (SFCGI), PCNU Kab. Cilacap, Kaukus Kepala Desa Perlindungan BMI Kab. Cilacap.

Waktu Jambore Buruh Migran:

10-12 Juni 2013

Tempat Jambore Buruh Migran:
Desa Sidaurip Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap provinsi Jawa Tengah.

Jambore Buruh Migran bertujuan:
1. Pengarusutamaan Buruh Migran di daerah
2. Mencari format perlindungan buruh migran dari hilir (desa dan daerah)
3. Mencari model pemberdayaan ekonomi pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan penghasilan buruh migran, eks buruh migran dan juga keluarganya.
4. Mencari model pengelolaan data migrasi di desa (berbasis Teknologi Informasi)
5. Kolaborasi dengan berbagai pihak dalam pengelolaan informasi Buruh Migran
6. Pameran produk buruh migran
7. Menciptakan ruang keakraban antar pegiat buruh migran

SELENGKAPNYA KUNJUNGI WEB JAMBORE BURUH MIGRAN 2013

KLIK: http://www.jamborebumi.or.id/

Satu komentar untuk “(Bahasa Indonesia) Jambore Buruh Migran

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.