(Bahasa Indonesia) KISAH SUKSES DEWI KUSMIATI SEBAGAI BMI

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Dewi Kusmiati, sehari hari dipanggil Dewi, asal desa Simu, Kecamatan Maronge (27) tergolong sebagai TKI yang sukses atau berhasil karena telah memiliki sejumlah aset hasil remitansinya.

Dewi kecil merupakan seorang gadis yang boleh dikatakan kurang beruntung karena berasal dari keluarga yang kurang mampu. Untuk menamatkan sekolah SMK saja dengan bersusah payah atau Ia mengaku dengan terbata-bata,  akan tetapi karena kemauan yang keras ia bisa menyelesaikan sekolahnya meskipun sekedar SMK.

Semasa sekolah  Dewi sering praktek atau training sebagai Waitris di sebuah Hotel di Sumbawa Barat. Setelah Ia menyelesaikan sekolahnya Ia ditawari untuk bekerja disebuah perusahaan untuk menjadi Koki, kerja sebagai Kokipun dijalankannya, namun tidak berapa lama karena pekerjaan sudah tidak sesuai kontrak dan perjanjian kerja Ia pun mengundurkan diri.

Setelah itu Dewi mencoba nasib untuk pergi ke Mataram, dengan bimbingan seorang teman Ia menjalankan Training SPA, sambil belajar selama 3 bulan Ia pun tidak mendapatkan gaji, namun demikian  pekerjaan itu ditekuni dengan baik demi menimba ilmu dan pengalaman.

Setelah merasa mendapatkan keterampilan di SPA Ia sempat bekerja di Lombok Raya Hotel di Matram, akan tetapi karena merasa kurang cocok Ia pun mengundurkan diri.  Satu demi satu kegiatan Ia coba dan sampai pada akhirnya Ia mencoba memasukkan lamaran kerja di Amanwana Resort sebuah hotel mewah di Pulau Moyo Sumbawa, namun apa yang terjadi perusahaan menerima asalkan mau sebagai tenaga magang dan tidak digaji selama 3 bulan. Tawaran itu ditolaknya, namun tidak beberapa lama Ia dipanggil kembali untuk bekerja dengan gaji penuh.

Selama bekerja di Amanwana Resort dalam kurun waktu 4 tahun Ia menjadi nominasi karyawan terbaik dan dipromosikan untuk bekerja di Luar negeri.

Dukungan keluarga serta orang tua yang turut memberikan semangat membuatnya menyatukan tekad dan berangkat mengadu nasib untuk bekerja di luar negeri.

Pada tahun 2011 yang lalu Ia pun berangkat dan tercatat sebagai TKI untuk bekerja di sebuah Hotel Aman Yara Resot Caribian Amerika. Tahun pertama bekerja Dewi mendapat apresiasi dari perusahaan sebagai karyawan terbaik dibidang terapi  SPA.

Awal Juli 2013 yang lalu Dewi pulang kampung ke desa Simu, dimana desa tempat Ia dibesarkan oleh keluarganya, Ia disambut gembira karena dapat digolongkan sebagai pekerja sukses, dimana hasil remitansinya telah digunakan untuk :

  1. Membiayai sekolah adik-adiknya sampai tamat SMA
  2. Asuransi Sun Life
  3. Tanah untuk membangun Rumah
  4. Tahun I beli sapi 3 ekor
  5. Sawah 2 Ha
  6. Kebun Kelapa 1 Ha
  7. Tanah Kebun untuk tanam sayur dan lain-lain 1 Ha
  8. Membangun Rumah kos di Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa.

Dalam pelatihan pengelolaan keuangan Dewi mampu menjadi fasilitator dan memberikan banyak pembelajaran bagi TKI yang masih aktif maupun calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri.

Semoga kisah sukses Dewi Kusmiati bisa menjadi pembelajaran bagi teman-teman TKI yang lain dan mampu meningkatkan ekonominya menjadi yang lebih baik.

Tulisan ini ditandai dengan:buruh migran kisah sukses Sukses BMI 

One response to “(Bahasa Indonesia) KISAH SUKSES DEWI KUSMIATI SEBAGAI BMI

  1. Wah selamat yah? semoga kisah sukses ini bisa diikuti dan menjadi inspirasi saudara2 kita yang menjadi tenaga kerja di negeri orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *