Guidelines

(Bahasa Indonesia) Sarana Mengirim Uang di Negara Penempatan

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Mengirim uang, merupakan salah satu rutinitas yang tak pernah luput dijalani oleh teman-teman Buruh Migran Indonesia (BMI). Hampir setiap bulan ketika sudah gajian, pasti BMI akan berurusan dengan jasa pengiriman di negara penempatan. Tentunya, soal kirim-mengirim uang di Luar negeri dengan dalam negeri berbeda karena perbedaan kurs mata uang. Umumnya kurs mata uang negara lain lebih tinggi dibanding dengan kurs mata uang Indonesia, rupiah. Sehingga butuh waktu dan proses yang berbeda untuk mengirim uang. Nha bagaimana cara mengirim uang ke Indonesia? Berikut ini, redaksi berhasil menghimpun pengalaman kawan-kawan di Hong Kong, Taiwan, dan Korea terkait berkirim uang ke Indonesia.

Sebelumnya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengirim uang ke Indonesia. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kredibelitas sarana jasa pengiriman. Pastikan jasa pengiriman melayani jasa pengiriman uang ke Indonesia. Pilih sarana pengiriman yang sering digunakan oleh BMI dan mempunyai kredibilitas bagus sehingga uang anda selamat sampai ke tangan peneriman. Kedua, perjelas soal besaran biaya pengiriman dan bagaimana prosedurnya. Terakhir, yang tak boleh lalai adalah nama dan alamat penerima kiriman. Biasanya jasa pengiriman yang ada di Indonesia meminta nomer identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) penerima kiriman uang.

Hong Kong
Menurut pengalaman Fera Nuraini, salah satu BMI di Hong Kong, sangat mudah mengirim uang dari Hong Kong ke Indonesia, banyak sekali pilihannya. Mulai dari bank-bank yang sudah populer di Indonesia seperti Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI). Selain bank ada jasa pengiriman Western Union, Candra yang memiliki banyak cabang di Hong Kong, dan Dan setiap toko Indonesia yang ada di pasar-pasar itu hampir semuanya melayani pengiriman uang ke indonesia.

Masing-masing jasa pengiriman uang memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika BMI melakukan pengiriman uang lewat toko-toko yang menyediakan jasa pengiriman ke Indonesia, uang sampai ke Indonesia 2 atau 3 hari berikutnya. Tapi itu dulu, sekarang rata-rata waktu jasa pengiriman uang ke Indonesia cepat, cuma butuh 1 jam. Biasanya kalau hari kerja Senin-Jumat, BMI memilih kirim uang melalui Wester union. Karena lebih cepat dan mudah ngambilnya di Indonesia. BMI tinggal kasih nomor pinnya melalui pesan pendek (SMS), lalu keluarga di rumah tinggal datang ke kantor pos atau toko-toko yang bekerjasama dengan Western Union untuk mengambil uang. Sedangkan untuk rata-rata biaya pengiriman uang yang dibebankan adalah sekitar 30 HKD atau setara dengan Rp. 33.500,-.

Korea
Bagi BMI di Korea, pengiriman uang juga mudah dilakukan dimana-mana, bahkan di jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di korea. Hanya saja, awal untuk mendapatkan fasilitas kirim uang ke rekening bank Indonesia, BMI harus mendaftar di bank tertentu. Cara mengirim uang melalui ATM ini merupakan cara paling mudah dan sering digunakan BMI Korea.

Sarana lain yang juga biasa digunakan BMI Korea di saat darurat adalah Western Union, sarana ini terhitung cepat. Hanya saja biaya jasa pengiriman yang dibebankan masih terhitung mahal dan hanya bisa diambil di waktu-waktu jam kantor dan tidak dibuka setiap hari. Sarana alternatif lainnya adalah melalui jaringan teman-teman eks BMI Korea yang punya modal di Indonesia, caranya cukup mengirim pesan pendek, dan lalu uang sudah bisa diambil.

Terkait biaya, jasa pengiriman melalui bank paling mahal, yaitu sekitar 18.000 won atau sekitar Rp. 144.000,-. Hal ini dikarenakan nilai tukar rupiah di bank KOrea sangat kecil. Untuk biaya pengiriman uang melalui ATM hanya 15.000 Won (Rp. 120.000,-) lebih murah daripada di bank.

Taiwan
Sarana pengiriman uang yang ada di Taiwan juga banyak diantaranya adalah BNI, Wester Union, dan tempat-tempat lainnya yang melayani jasa pengiriman uang ke Indonesia. Soal waktu, tiap jasa pengiriman beda-beda, ada yang lama dan ada pula yang cepat. Western Union contohnya, hanya butuh waktu tak kurang dari satu jam untuk mengirim uang. Kalau waktu yang dibutuhkan untuk mengirim uang di bank terhitung cukup lama, yaitu 2 hari. Syarat mengirim uang di bank juga cukup mudah, hanya butuh Alien Registration Card (ARC), semacam KTP Taiwan. (F:)

7 komentar untuk “(Bahasa Indonesia) Sarana Mengirim Uang di Negara Penempatan

  1. alhamdulilah sekarang berita tentang keadaan TKI gencar dan semakin banyak pihak yang peduli TKI selain Pemerintah. Hal ini mendorong pemerintah lebih serius memperhatikan nasib TKI. Saya harapkan dan doakan situs ini menjadi lembaga kontrol yang ampuh dan menjadi corong bagi kebebasan dan kemerdekaan dalam menyuarakan hak-hak buruh migran.amin

    1. Redaksi Juga sangat terbuka apabila pak Iman Santoso ikut menyuarakan perlindungan BMI melalui tulisan. Web ini bersifat terbuka dan berbasis jurnalisme warga, jadi baik BMI, maupun masyarakat luas dapat mendaftar akun pengguna untuk ikut bersama-sama menyuarakan perlindungan bagi BMI. Salam Solidaritas

  2. terimakasih Pak M. Imam Santoso, mohon doa dan dukungannya agar portal buruhmigran.or.id tetap eksis. Anda juga bisa ikut berkontribusi di portal ini dengan menjadi kontributor di daerah yang menyuarakan isu buruh migran. terimakasih telah berkunjung ke portal kami.

      1. mohon periksa surat elektronik (surel) Anda. Kami telah membuatkan akun sekaligus mengirim buku panduan. Salam

  3. Dear Admin,

    Kami dari PT Warindo Jakarta, sebuah biro pengiriman uang berizin. Saat ini kami sedang menjajaki bisnis pengiriman uang dari Hongkong ke Indonesia, tujuan kami adalah membantu TKI kita agar dapat mengirim uang ke keluarga dengan biaya seminim mungkin. Seperti halnya yang telah kami lakukan untuk keluarga Indonesia yang berada di Australia
    Karena itu kami membuka peluang dan kesempatan bila ada rekan2 BMI yg memiliki Toko / Biro di Hongkong yg berminat menjadi mitra kerja Warindo di Hongkong dalam bisnis remitansi yang legal, dapat mengirim email ke support@warindo.co.id

    Terimakasih

    PT Warindo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.