News

Penyuluhan Hukum Terpadu Bagi BMI Hongkong

Author

Minggu, 11 November 2012, Bertempat di ruang Ramayan Hall KJRI Hong Kong mengadakan acara Penyuluhan Hukum Terpadu Untuk para BMI di Hong Kong tentang penipuan undian SMS berhadiah dan barang kiriman yang diikuti oleh 120 orang.
Acara ini di isi oleh Konsul Bea dan Cukai, Alfian Chaniago, yang menjelaskan tentang banyaknya kasus saat tiba di bandara Indonesia. Rata-rata peserta mengeluhkan barang bawaan mereka yang saat keluar dari Hong Kong tidak mengalami masalah, tetapi masalah muncul saat tiba di bandara tanah air.
Contohnya saat seorang BMI membawa laptop saat pulang. Begitu tiba di bandara Indonesia ada yang dimintai denda ratusan bahkan jutaan rupiah oleh pihak bea cukai. Bukan hanya barang elektronik, makanan pun kadang juga di sita. Alfian berpesan, kalau mengalami kasus seperti ini di bandara harap untuk meminta surat alasan keberatan kepada petugas tersebut, mencatat nama petugas dan mengambil fotonya untuk dilaporkan ke pihak bea cukai.
Acara ini juga di isi oleh Mr. Andy KC Kwok dan Mr. Issac K P Lai dari Bea dan cukai Hong Kong (Hong Kong Customs). Hadir juga dari Kepolisian Hong Kong, Mr. Gary Tang yang menjelaskan tentang banyaknya kasus penipuan melalui SMS dan undian berhadiah. Tahun 2012 saja, sampai awal bulan November sudah ada kasus sebanyak 1800.
Banyak orang yang tertipu oleh SMS, telpon maupun email yang berisi iming-iming berhadiah puluhan bahkan ratusan ribu Hong Kong dolar. Bagi yang percaya, mereka akan dengan mudah menransfer uang yang diminta sebagai syarat pengambilan hadiah. Tapi bagi yang tahu kalau itu adalah penipuan, mereka akan mengabaikan saja. Kepolisian Hong Kong berharap kerja sama dengan warga kususnya para BMI untuk mewaspadai dan hati-hati terhadap penipuan semacam ini.
Seperti banyaknya kasus SMS yang dikirim oleh pengirim dari nomor Indonesia. Ada BMI yang tertipu sampai puluhan juta bahkan sampai menjual rumah di kampung halaman karena tertipu oleh SMS undian berhadian seperti ini.
Berharap dari acara ini para BMI akan semakin paham dan tahu tentang kasus-kasus penipuan dan juga tentang seluk beluk bea cukai.

Tulisan ini ditandai dengan: Pemahaman Hukum TKI tenaga kerja indonesia TKI Hong Kong 

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.