News

(Bahasa Indonesia) Tim Reaksi Cepat Satria Sambut Baik Perlindungan Anak Keluarga Migran

Author

Selasa (23/11/20011), Paguyuban Peduli Buruh Migran dan Perempuan ‘Seruni ‘ Banyumas, diundang oleh Panti Sosial Petirahan anak (PSPA) ‘Satria’ Baturraden, dalam acara koordinasi dan sosialisasi tentang Tim Reaksi Cepat (TRC) yang telah dibentuk Panti tersebut 18 Juni 2011. PSPA “Satria” Baturraden adalah lembaga milik Kementrian Sosial yang fokus menangani persoalan perlindungan anak.

Dalam sambutannya, kepala PSPA ‘Satria’ Baturraden, Restriyaningsih, mengatakan. “TRC ini adalah Tim Reaksi Cepat yang dibentuk oleh intern PSPA sendiri, dan tujuannya adalah menangani secara cepat terhadap anak-anak korban bencana alam ataupun anak-anak yang mengalami kekerasan fisik, baik oleh orang tuanya sendiri atau oleh orang lain.”

Bu Ning, panggilan akrab Kepala PSPA ‘Satria’ Baturraden, juga meminta kepada lembaga-lembaga yang hadir, seperti Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas), Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3), Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Korban Berbasis Gender (PPT-PKBGA), Panti-Panti Asuhan, Paguyuban Peduli Buruh Migran dan Perempuan ‘Seruni’ Banyumas, RRI, dan lainnya untuk ikut mensosialisasikan tim ini terhadap masyarakat dan tentu juga bermitra dalam menghadapi persoalan perlindungan anak.

Dalam kurun waktu sekitar 5 bulan setelah didirikannya TRC PSPA ’Satria’ telah menangani beberapa kasus anak korban Merapi, bencana alam di Kemawi, Banyumas, dan juga kekerasan fisik yang pernah dialami seorang anak di Banjarnegara. Tanpa harus menunggu SK (Surat Keputusan) dari atasan.

Koordinator TRC PSPA ‘Satria’, Hesti Ambar Widagdo, dalam pemaparan visualnya menampilkan foto-foto kegiatan di beberapa tempat, seperti Magelang, Banyumas dan Banjarnegara.

“ Tim Reaksi Cepat kami sudah bergerak, walaupun baru beberapa waktu didirikan. Kami siap berkoordinasi dengan lembaga sosial manapun, baik pemerintah, LSM atau yang lainnya untuk menyelesaikan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ” Ujar Ambar yang disambut antusias hadirin.

Seruni yang diwakili Lili Purwani dan SusWoyo, memberi masukan bahwa TRC PSPA ‘Satria’ Baturraden belum menyentuh persoalan-persoalan yang dialami anak-anak keluarga migran atau anak-anak yang ditinggal orang tuanya bekerja ke luar negeri sebagai TKI. Padahal, persoalan yang menimpa anak-anak keluarga migran juga banyak yang harus ditangani secara cepat.

“Kami banyak menemukan anak-anak keluarga migran, terutama mereka yang gagal sebagai TKI, terus jatuh miskin, lantas anak terbengkalai sekolahnya. Atau anak-anak yang orang tuanya terkena kasus di luar negeri, yang berdampak secara psikologis terhadap anak-anaknya. Yang demikian itu sudah pasti membutuhkan penangananan perlindungan yang cepat. Kami minta TRC PSPA ‘Satria’ ke depan bisa terjun lebih dalam ke permasalahan anak migran ini…..” ujar SusWoyo, yang sehari-harinya juga menjadi Instruktur Bimbingan Mental di Panti Anak Petirahan Anak tersebut.

Masukan Seruni disambut baik oleh Sekretaris Tim Reaksi Cepat PSPA ‘Satria’ Baturraden Arif Putranta, yang menjadi moderator acara tersebut.

“Terima kasih dari ‘Seruni’ Banyumas. Insya Allah kami nanti akan menindak lanjuti wacana ini dan kami sangat menyambut dengan baik..”

Selesai Acara, kepala PSPA “Satria” Baturraden, Restriyaningsih, memberi kesempatan seluas-luasnya kepada ‘Seruni’ berdiskusi lebih dalam tentang perlindungan anak keluarga MIgran ini di lain kesempatan. Dan langsung disambut gembira oleh ketua Paguyuban Peduli Buruh MIgran dan Perempuan “Seruni”, Lili Purwni. (**)

Satu komentar untuk “(Bahasa Indonesia) Tim Reaksi Cepat Satria Sambut Baik Perlindungan Anak Keluarga Migran

  1. saya wawan kurniawan,adik saya (wike artiwi13 tahun)diperkosa hingga hamil oleh ayah tirinya(juri rusrahman)dari krang ampel indramayu jawa barat,tolong pihak ppa bantu saya untuk menangkap pelaku,karena pelaku kabur.no hp saya 087744468738

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.