Sosialisasi Program Jaminan Sosial bagi PMI

Author

Narasumber-narasumber dalam Acara Sosialisasi Back For Good (B4G), Minggu, 1/12/2019 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Komunitas Serantau mengadakan sosialisasi Back For Good (B4G) sekaligus merayakan ulang tahun komunitas ini yang kelima pada Minggu, 1/12/2019, di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Sosialisasi ini mengundang narasumber dari KBRI Kuala Lumpur, Our Journey, Kementerian Sumber Manusia, DJSN, dan BPJS Ketenagakerjaan. Acara sosialisasi dimulai pukul 12.00 WIB diawali dengan registrasi dari peserta yang hadir. 

Melinda, anggota Komunitas Serantau sebagai pembawa acara membuka acara dan membacakan susunan acara. Disusul kemudian dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dan sambutan dari Suherman, Ketua Serantau. Mandajit Singh, perwakilan dari Kementerian Sumber Manusia, Malaysia, menyampaikan bahwa PMI yang ingin mengikuti program B4G dapat langsung datang ke Jabatan Imigration dengan membawa syarat-syarat yang diperlukan tanpa harus izin pada majikan. 

“Dikhawatirkan mereka akan melarang Anda pergi ke pejabat imigrasi untuk mengikuti program B4G,” ujar Mandajit Singh. 

BPJS Ketenagakerjaan yang hadir dalam sosialisasi tersebut menyampaikan informasi mengenai program BPJS yang dapat diikuti pekerja migran, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm) dan program sukarela Jaminan Hari Tua (JHT). Teman-teman PMI yang ingin mendaftar BPJS Ketenagakerjaan dapat mendaftar online dengan mengunduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Formulir pendaftaran dapat diisi online dan memenuhi syarat-syarat lain yang dibutuhkan seperti perjanjian kontrak kerja dan data lain yg dibutuhkan.

Setelah pemaparan narasumber, sesi selanjutnya adalah tanya jawab untuk peserta yang hadir. Salah satu peserta dari relawan NKRI bertanya pada BPJS mengenai cara menangani kasus PMI tidak berdokumen yang mengalami sakit apakah bisa mendapatkan pelayanan atau jaminan rawatan kesehatan seperti tertera dalam BPJS.  

Di akhir acara sosialisasi dilakukan pemotongan tumpeng untuk memperingati ulang tahun Serantau kelima. Sebelum tumpeng dipotong, dilakukan doa bersama untuk kebaikan Serantau ke depan, dipimpin oleh Khoirul, anggota Serantau. Acara ditutup dengan penyerahan penghargaan cenderamata dari BPJS pada Serantau dan penghargaan Serantau pada tamu undangan yang hadir serta foto bersama. 

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *