Berita

Buruh Migran Ikuti Upacara Kemerdekaan di KBRI Kuala Lumpur

Author

Upacara Bendera di KBRI Kuala Lumpur yang Diikuti Buruh Migran
Upacara Bendera di KBRI Kuala Lumpur yang Diikuti Buruh Migran

Setiap tanggal 17 Agustus, bangsa kita memperingati lahirnya kemerdekaan Indonesia. Jutaan rakyat khususnya pejabat, guru, maupun pelajar melaksanakan upacara kemerdekaan untuk memperingatinya. Di luar negeri upacara kemerdekaan juga diikuti oleh Buruh Migran Indonesia (BMI), seperti upacara yang dilaksanakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur Senin (17/08/2015).

Upacara kemerdekaan di wilayah Kuala Lumpur diadakan oleh KBRI Kuala Lumpur yang berada di Jalan Tun Razak Kuala Lumpur. Selain di KBRI, upacara juga diadakan di Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI). Tahun ini saya berkesempatan mengikuti upacara di KBRI pada pagi hari, berbeda dengan tahun kemarin yang hanya bisa mengikuti upacara penurunan bendera pada sore hari.

Upacara kemerdekaan di KBRI Kuala Lumpur dihadiri oleh seluruh staf KBRI Kuala Lumpur, perwakilan aparat keamanan pemerintah, bapak/ibu guru dan murid Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), Pramuka Gugus Depan KBRI, perwakilan Mahasiswa Indonesia di Malaysia, perwakilan masyarakat umum di Malaysia, dan tentu saja perwakilan kelompok BMI/TKI.

Para peserta antusias mengikuti upacara, terlihat dari banyaknya peserta yang berbondong-bondong memasuki gerbang KBRI dan menempatkan diri di barisan masing-masing. Tepat pukul delapan pagi waktu Malaysia upacara dimulai dan peserta mengikuti jalannya upacara dengan hikmat. Duta Besar Indonesia, Herman Prayitno, bertindak sebagai inspektur upacara dan Atase Angkatan Udara, Kolonel Bustan Jefri, sebagai komandan upacara. Sedangkan pasukan pengibar bendera yang berjumlah 10 orang diwakili oleh siswa-siswi SIKL.

Upacara kemerdekaan dilaksanakan kurang lebih sekitar 45 menit. Selesai upacara para peserta berkesempatan berfoto dengan pasukan pengibar bendera, bapak dan ibu duta besar, serta para peserta upacara lain. Selesai mengabadikan momen dengan berfoto, para peserta upacara dijamu makan pagi yang sudah di hidangkan oleh pihak KBRI.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.