* Panduan

Cara BMI Hong Kong untuk Cegah Sakit dan Virus Mers

Author

Memakai Masker untuk Mengurangi Tertularnya Penyakit dan Virus.
Memakai Masker untuk Mengurangi Tertularnya Penyakit dan Virus.

Tahun 2002, Hong Kong pernah diserang wabah virus bernama Severe Acute Respiratory syndrome atau SARS, penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh Coronavirus. Data WHO menyebutkan bahwa virus ini telah menelan korban paling banyak di Negara Tiongkok, yakni 806 penderita dan 44 orang meninggal, Hong Kong, 685 penderita, 16 meninggal, Kanada, 129 penderita, 6 meninggal, dan penyebarannya sampai ke Negara bagian Eropa dan wilayah Asia lainnya.

Belajar dari pengalaman virus-virus berbahaya yang lumayan sering mampir ke Hong Kong, pihak berwenang begitu sigap saat didapati ada seorang warga Korea Selatan yang menderita gejala Middle East Respiratory Syndrom (MERS) yang terbang dari Seoul (Korea Selatan) ke Hong Kong pada Mei lalu. Orang-orang yang duduk berdekatan di dalam satu pesawat dengan penderita segera dikarantina dan terus dalam pantauan pihak berwenang (Dep. Kesehatan) Hong Kong.

Rumah sakit di Hong Kong yang biasanya memiliki jam besuk siang hari pukul 12.00 siang sampai 13.30 siang kini ditiadakan dan hanya diberlakukan jam besuk satu kali, yakni sore pukul 18.00 sampai 20.00 malam saja. Memakai masker saat ke rumah sakit adalah hal yang diwajibkan di Hong Kong, entah saat mengunjungi pasien ataupun saat melakukan medical rutin.

Sekedar mengingatkan buat kawan-kawan buruh migran/TKI yang saat ini bekerja di Hong Kong, musim di Hong Kong saat ini sedang cepat sekali berubah. Pagi panas, lalu tiba-tiba hujan deras, lalu panas kembali. Cuaca yang tidak menentu bisa berefek terhadap kekebalan tubuh kita. Saat tubuh tidak fit, maka virus akan sangat mudah menyerang kita.

Rajin mencuci tangan dengan sabun setelah keluar rumah atau setelah melakukan aktivitas apapun menjadi hal wajib untuk menjaga kebersihan tubuh kita dari kuman yang tidak kelihatan. Terlebih bagi BMI yang menjaga manula atau anak kecil. Semisal mengantar manula yang kita jaga untuk medical, apalagi saat membesuk mereka dan sering-sering cuci tangan setelah berhubungan dengan mereka yang sedang sakit.

Segera ke dokter saat badan merasa tidak enak sebelum virus parah menyerang kita. Cuaca panas dan ditambah lagi dengan puasa membuat asupan air yang masuk ke tubuh kita sedikit berkurang. Saat malam hari, usahakan minum air yang banyak agar tenggorokan tidak kering, cuaca panas sering membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan makanan, jangan sampai kita kekurangan cairan. Mungkin ini sedikit tips yang bisa kami bagi.Ingat! jauhi kotongan burung yang banyak sekali kita temui di jalanan, khususnya Victoria Park, Causeway Bay. Karena bisa jadi virus jahat itu dibawa oleh unggas yang terbang di sekitar kita.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.