Panduan

Pentingnya Menabung Bagi Buruh Migran

Author

Ilustrasi Uang Tabungan. Sumber : Pixabay
Ilustrasi Uang Tabungan. Sumber : Pixabay

Menabung bisa dirasakan manfaatnya bila dilakukan secara rutin. Mempunyai tabungan yang cukup menjadi kunci kesuksesan di masa depan. Dengan menabung kita juga jadi lebih berani mengahadapi masalah dari segi ekonomi. Sulit memang menyisihkan uang untuk tabungan, tapi sebagai buruh migran penting bagi kita menyisihkan gaji untuk ditabung.

Keinginan, keperluan dan impian sering menjebak kita untuk tidak tidak menabung. Ketiga kata itu sering susah dibedakan. Keinginan merupakan imajinasi yang jauh ke depan tetapi hanya bersifat sementara dan tidak mendesak. Keperluan mewujudkan desakan dan dorongan yang kuat tetapi tidak menyasar jauh ke depan. Sedangkan impian mampu menjadi pendorong yang kuat bagi seseorang untuk merealisasikannya.

Menabung tidak akan merugikan kita. Semakin banyak menabung akan semakin meringankan beban kita, terlebih di saat-saat mendesak. Menabung pun bisa dilakukan di mana saja, salah satunya bisa dilakukan di bank-bank yang kredibilitasnya terpercaya. Sebagai buruh migran di Malaysia, kita bisa menabung lewat bank-bank yang membuka cabang di sini seperti bank Mualamat, BRI, Mandiri atau BCA.

Untuk bisa menabung di bank, kita perlu membuka rekening terlebih dahulu. Secara umum syarat untuk membuka rekening bank sangatlah mudah :
1. Datang langsung ke cabang terdekat
2. Isi daftar formulir yang disediakan
3. Bawa paspor atau tanda pengenal

Jika kita memilih menggunakan bank-bank Indonesia yang membuka cabang di Malaysia, uang dalam rekening bisa disimpan dalam bentuk rupiah. Buruh migran yang berada di negara penempatan Malaysia sebenarnya bisa juga menabung atau membuka rekening di bank Malaysia. Tetapi harus ada penanggung jawab dari majikan atau dari tempat kerja kita.

Selain menyisihkan uang gaji untuk ditabung, yang paling sering buruh migran lakukan adalah mengirimkan uang untuk keluarga atau kerabat ke Indonesia. Dalam mengirimkan uang ini, kita juga harus memperhatikan kredibilitas jasa pengiriman uang. Panduan mengenai pengiriman uang ke negara asal Indonesia bisa dibaca di sini : Sarana Mengirim Uang di Negara Penempatan

Satu komentar untuk “Pentingnya Menabung Bagi Buruh Migran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.