Panduan

Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan TKI Direct Hiring Ketika Tiba di Taiwan

Author

Brosur Direct Hiring di Taiwan. Foto: Facebook Ana Sanchong
Brosur Direct Hiring di Taiwan. Foto: Facebook Ana Sanchong

Direct Hiring merupakan mekanisme yang memberi kemudahkan bagi pekerja migran di Taiwan, karena mereka tak harus membayar agen atau PJTKI untuk kembali pada majikan. Mekanisme menarik ini dilirik oleh para pekerja migran dari berbagai negara asal buruh migran. Berikut ini adalah sebuah panduan yang diambil dari brosur Direct Hiring Service Center Taiwan mengenai beberapa hal yang harus dilakukan TKI dengan mekanisme Direct Hiring ketika tiba di Taiwan :

1. Buruh migran dengan mekanisme Direct Hiring setelah tiba di Taiwan harus mengurus asuransi tenaga kerja (tidak diwajibkan bagi perawat orang sakit, pembantu rumah tangga) atau harus mengurus asuransi kecelakaan kerja.
2. Dalam waktu tiga hari setelah tiba di Taiwan, buruh migran harus melapor ke konseling setempat.
3. Dalam waktu tiga hari kerja setelah tiba di Taiwan, buruh migran harus melakukan tes medis. Namun jika buruh migran kembali ke Taiwan bekerja dengan majikan yang sama, dan dalam waktu tiga bulan sebelum pulang ke Indonesia telah melakukan tes medis, maka pada saat masuk ke Taiwan tidak perlu tes medis lagi.
4. Dalam waktu tiga hari kerja setelah pekerja migran tiba di Taiwan, harus melakukan pemeriksaan typoid (demam) dan hasil laporan harus dilampirkan pada saat pengurusan surat izin kerja.
5. Dalam waktu 15 hari setelah tiba di Taiwan harus mengurus permohonan surat izin kerja dan ARC.
6. Dalam waktu tiga hari setelah mendapatkan ARC dan surat izin kerja harus mengurus asuransi kesehatan.
7. Setelah buruh migran tiba di Taiwan 30 hari sebelum dan sesudah genap bekerja pada bulan yang ke-6 ke-18 ke-30 harus melakukan tes medis, dan setelah hasil tes medis turun, maka dalam waktu 15 hari harus melaporkan ke biro kesehatan setempat.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.