Berita

PSD-BM Rancang CD Interaktif Pendidikan TKI

Author

Diskusi Tim Produksi CD Interaktif Pendidikan BMI 16 Juli 2012
Diskusi Tim Produksi CD Interaktif Pendidikan BMI 16 Juli 2012

Beberapa kontributor Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSDBM) telah menulis pelbagai panduan, baik untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI), calon, mantan, keluarga, atau pegiat TKI. Keberadaan konten informasi ini memicu redaksi PSDBM untuk mengemas ulang dan melengkapi penduan-panduan tersebut melalui media yang lebih interaktif.

Gagasan kemudian mengerucut pada ide pembuatan keping cakram (CD) pendidikan interaktif dalam berkas flash. Melalui dukungan Yayasan Tifa CD interaktif tersebut akan digandakan sebayak 1000 keping dan didistribusikan ke berbagai pihak terkait isu TKI.

“Kebutuhan informasi, tidak bisa digeneralisir hanya untuk TKI, ada banyak pihak selain TKI yang juga membutuhkan informasi terkait isu TKI, seperti keluarga, perangkat desa, dan organisasi masyarakat sipil. CD interaktif dalam bentuk flash merupakan bentuk kerja pengawinan media (konvergensi) yang dilakukan PSDBM,” tutur Muhammad Irsyadul Ibad dalam diskusi tim produksi beberapa waktu yang lalu(16/07/12).

Proses produksi CD interaktif melibatkan tim yang terdiri dari Randy sebagai programmer flash, Prima Sulistya dan Fathulloh sebagai penyusun bahan, Jarot JW sebagai perancang naskah, Irvan Muhammad sebagai perancang gambar ilustrasi, Muhammad Irsyadul Ibad sebagai pengawas produksi, serta beberapa pihak pendukung lain. Proses produksi juga melibatkan TKI di beberapa negara, beberapa mantan, dan organisasi TKI seperti Seruni Banyumas dan Paguyuban Mekarwangi untuk menambahkan bahan.

Produksi direncanakan berjalan selama 2 hingga 3 bulan. Media pembelajaran interaktif ini diharapkan bisa memperkaya pengetahuan pelbagai pihak terkait isu TKI. Informasi yang diakses lebih luas dan dari beragam media oleh masyarakat, akan membuka lebih banyak pihak lain untuk ikut mendesak perbaikan kebijakan terkait TKI.

Tulisan ini ditandai dengan: agenda PSDBM Migrasi Panduan TKI pembelajaran TKI 

2 komentar untuk “PSD-BM Rancang CD Interaktif Pendidikan TKI

  1. pa istri saya berangkat jadi tkw ke arab saudi sejak 2009 oleh pt bajri putra mandiri ,dngan kontrak kerja 2 tahun tpi sampai sekarang tidak pulang dan saya sulit sekali menghubunginya !!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.