Pemulangan Jenazah Riswo

Author

Jenazah Riswo Saat di Antar ke Rumah Duka
Jenazah Riswo Saat di Antar ke Rumah Duka

Jenasah Riswo (41) TKI asal Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, meninggal di Brunei Darussalam (24/04/2012). TKI meninggal akibat serangan jantung. Sebelum meninggal, TKI sempat dilarikan ke Rumah Sakit Raja Isteri Pangeran Anak Saleha Bandar Seri Begawan, oleh Tamiadi (42), rekan almarhum yang sama bekerja di Brunei Darussalam Buruh Zainal Daud Sdn Bhd.

Tamiadi turut membantu dan memproses almarhum meminta bantuan ke KBRI sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia di Brunei Darussalam. Kemudian Tamiadi menyampaikan ke pihak keluarga yang ada di Desa Dermaji Kec. Lumbir Kab. Banyumas. Keluarga kemudian menyampaikan pengaduan kepada Bayu Setyo Nugroho selaku Kepala Desa Dermaji. Melalui internet, Bayu meneruskan proses pengaduan redaksi Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSD-BM).

“Pada setiap kasus TKI kerterlibatan Pemerintah Desa sangat diperlukan, agar bisa saling berbagi informasi dengan pihak yang membantu penanganan di Jakarta, sehingga informasi selalu terbarui dan diketahui hasil proses penanganannya”  tutur Relawan yang menangani almarhum Riswo di Jakarta.

Relawan di Jakarta bersama staff BNP2TKI saling berkoordinasi mengenai proses pemulangan jenazah. Kemudian Relawan TKI dari Jaringan Mekarwangi mendatangi terminal kargo Bandara Soekarno Hatta untuk proses penjemputan. Pada pukul 11.30 WIB Pesawat Royal Brunei yang membawa peti jenazah tiba diJakarta. Tepat pukul 01.30 WIB jenazah sudah keluar dari pintu Terminal Kargo. Kemudian Surat Perjalanan Jenazah (SPJ) segera diurus para relawan dan pemulangan jenazah langsung dikawal oleh dua orang relawan dari Jakarta menuju Banyumas Jawa Tengah.

Peran perangkat desa dalam menjembatani proses penanganan kasus BMI yang dialami warganya harus terus ditingkatkan. Memanfaatkan jejaring sosial media di internet, Bayu Setyo Nugroho, Kepala Desa Dermaji mampu melakukan koordinasi cepat dengan pelbgai untuk memproses pemulangan Jenazah Riswo dari Brunei Darussalam.

 

Semantara terkait minimnya informasi prosedur pemulangan jenazah TKI, lembaga pemerintah seperti BNP2TKI dituntut untuk lebih terbuka untuk menyampaikan informasi tersebut kepada publik. Informasi yang utuh terkait prosedur pemulangan jenazah sangat dibutuhkan perangkat desa untuk menjawab pengaduan warga tentang pemulangn jenazah TKI.

Satu komentar untuk “Pemulangan Jenazah Riswo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.