Berita

Halalbihalal IFN, Ruang Berkumpul TKI Singapura

Author

Anggota Indonesia Family Network (IFN) saat menggelar kegiatan halalbihalal di Toa Payoh National Park, Singapura (25/09/2011). (Sumber foto: Shelly Yanti)
Anggota Indonesia Family Network (IFN) saat menggelar kegiatan halalbihalal di Toa Payoh National Park, Singapura (25/09/2011). (Sumber foto: Shelly Yanti)

 

Indonesia Family Network (IFN), salah satu organisasi buruh migran di Singapura menggelar acara halalbihalal di Toa Payoh National Park, Singapura (25/09/2011). Kegiatan yang digelar di ruang terbuka itu dihadiri sekitar 60 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari pelbagai wilayah di Singapura.

Kegiatan tersebut rutin digelar setiap tahun oleh IFN. Selain menjadi ajang bersilaturrahmi antar anggota, kegiatan tersebut juga menjadi ruang untuk saling memotivasi, membicarakan kinerja, dan program kerja IFN.

“IFN sendiri merupakan organisasi perkumpulan para Pekerja Rumah Tangga (PRT) yang dibentuk atas dasar kepedulian terhadap sesama yang berlandaskan semangat kebersamaan. IFN didirikan pada 5 Februari 2006 atas ide beberapa PRT di Singapura yang ingin membantu sesama teman seperjuangan” Tutur Shelly Yanti (28), salah satu pegiat IFN asal Mediun, Jawa Timur saat diwawancarai melalui sebuah media sosial.

Shelly juga menjelaskan, dalam membantu rekan sesama TKI yang bermasalah, IFN menyediakan layanan pertolongan (helpline) untuk sesama rekan. IFN juga bekerja sama dengan lembaga non pemerintah (Non Government Organisations/NGOs) serta menggalang dukungan langsung dari beberapa komponen masyarakat di Singapura. Selain IFN, di Singapura itu juga terdapat beberapa organisasi atau komunitas TKI yang lain seperti, BMI Singapura, The Montel Singapura, HPLRT Singapura, dan BNS (Bobotoh Nagara Singapura) yang saling bersinergi satu dengan yang lain.

Selain acara inti berupa silaturrahmi dan bincang-bincang antar anggota, panitia halalbihalal juga menggelar kegiatan hiburan berupa, lomba peragaan busana muslim dan tata rias (make up). Keseluruhan kegiatan Halal Bihalal yang digelar IFN adalah upaya untuk semakin memperkuat kebersamaan anggota dan TKI di Singapura secara umum.

2 komentar untuk “Halalbihalal IFN, Ruang Berkumpul TKI Singapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.