Kiprah

Kepulangan Yeyen Sang TKI

Author

Pada tahun 1999, Yeyen (22) salah seorang warga Kampung Citamiang Desa Citamiang Kec. Kadudampit Kabupaten Sukabumi berangkat ke Arab Saudi menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW). Dia berangkat melalui jasa Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS). Selama delapan tahun bekerja di Arab Saudi, ia tidak pernah memberi kabar apa pun sehingga membuat khawatir keluarga di tanah air. Akan tetapi, pada 15 Juni 2007 Yeyen pulang ke tanah air dengan tiba-tiba.
Menurut Neni (40), tetengga Yeyen, ternyata selama delapan tahun tersebut Yeyen bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT) di Kota Riyadh Arab Saudi. Alasan Yeyen tidak memberi kabar karena majikan tidak memberikannya izin untuk berkomunikasi dengan siapa pun.
“Yeyen punya sifat pendiam, penakut, dan kurang pengetahuan. Di samping itu, sang majikan tidak memberi kesempatan Yeyen untuk menghubungi keluarga,” kata Neni.
Setelah kepulangan Yeyen ke Indonesia keluarganya begitu senang dan bahagia. Setelah peristiwa itu, keluarga melarang Yeyen untuk berangkat lagi menjadi TKW.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.