Category Archives: Layanan Publik

TKI Qatar Membagikan Pengalaman Lewat Pantau PJTKI

Pengalaman TKI Qatar di www.pantaupjtki.com semoga bisa memberikan gambaran bagaimana situasi kerja di luar negeri dari sumber utamanya langsung. Membagikan pengalaman menjadi buruh migran yang ditempatkan lewat PPTKIS/PJTKI menjadi penting agar calon buruh migran lain waspada sekaligus curiga. Terutama pada sponsor yang mengetuk pintu dan menjanjikan surga penempatan TKI di luar negeri. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Mitra TKI Cairkan Klaim Asuransi PHK TKI Qatar

Konsorsium Mitra TKI mencairkan 43 klaim asuransi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di BP3TKI Ciracas Selasa sore (14/10/2014). Klaim asuransi yang dicairkan tersebut milik TKI yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Qatar sebagai pekerja bangunan. Penyerahan pembayaran sebenarnya diagendakan pada Rabu pagi. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Rencana Aksi Perbaikan Tata Kelola TKI 13 Kementerian

Perwakilan Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menyampaikan Rencana Aksi Perbaikan Tata Kelola Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Paparan rencana aksi disampaikan melalui FGD Rancangan Undang-Undang Perlindungan dan Penempatan Pekerja Indonesia di Luar Negeri (RUU PPILN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri (29/9/2014). Continue reading

Posted in Agenda, Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , , | Leave a comment

Butuh Peran Desa untuk Lindungi TKI (2)

Keterbatasan informasi yang dimiliki menjadikan desa belum bisa melakukan peran yang maksimal. Bahkan jika ada warganya yang tidak dilayani oleh pemerintah desa karena tidak memenuhi persyaratan migrasi sebagai calon TKI, desa akan disalahkan dan bahkan dianggap menyusahkan warganya. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Kontributor, Layanan Publik | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Butuh Peran Desa untuk Lindungi TKI (1)

Calon TKI yang sebagian besar berasal dari desa, tidak memiliki informasi resmi yang bisa digunakan untuk perbandingan dengan informasi dari PJTKI/PPTKIS, calo, atau sponsor. Ketidaktahuan calon TKI dikarenakan mereka tidak memiliki akses informasi yang bisa menjadi rujukan. Desa sebagai gerbang pertama bagi warganya yang hendak bekerja sebagai TKI, selama ini masih berada pada posisi yang lemah dalam pengawasan dan perlindungan warganya. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Kontributor, Layanan Publik | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Mahkamah Agung Balas Surat Tak Sesuai UU KIP

Mahkamah Agung membalas surat permohonan tersebut lebih dari dua bulan, artinya mereka melanggar aturan yang ditetapkan oleh UU KIP. Di dalam undang-undang nomor 14 tahun 2008 tersebut dijelaskan bahwa badan publik selambat-lambatnya harus menjawab surat permohonan informasi sepuluh 10+7 hari masa kerja yang ditetapkan. Namun kenyataan yang ada tidaklah demikian. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , | Leave a comment

Kuliah dan Kursus Keterampilan Bagi Buruh Migran

Akhir pekan merupakan hari libur bagi Buruh Migran Indonesia (BMI) yang bekerja di negara-negera penempatan tertentu. Mereka memiliki kebebasan untuk menghabiskan waktu di dalam rumah atau sekadar jalan-jalan sembari nongkrong di tempat berkumpulnya buruh migran. Tak melulu kegiatan hura-hura, banyak dari mereka yang menghabiskan akhir pekan dengan menyibukkan diri di tempat kursus atau tempat kuliah. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik, Panduan | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Imigrasi Bandara Husein Sastaranegara Bandung Tidak Akan Cekal TKI Tanpa KTKLN

Petugas Imigrasi tidak akan melakukan penolakan pemberangkatan bagi penumpang sepanjang memiliki dokumen sesuai UU Keimigrasian. Seperti diketahui bahwa KTKLN bukan dokumen keimigrasian sehingga petugas Imigrasi tidak bisa mencekal TKI tanpa KTKLN. Isi surat dari Kepala Subseksi Lintas Batas Kantor Imigrasi Kelas I Bandung tersebut sebagai berikut ini Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , , , | Leave a comment

Jangan Gampang Menyerah Mengurus Klaim Asuransi

Mengurus klaim asuransi memang tak semudah yang tertulis dalam polis atau Keputusan Menteri (Kepmen). Tiap-tiap konsorsium TKI mempunyai syarat-syarat dokumen yang harus dipenuhi oleh pemohon klaim asuransi. Di sini pemohon klaim diharuskan untuk mematuhi dokumen yang disyaratkan dan menyusun dokumen sesuai dengan pihak asuransi inginkan. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik, Panduan | Tagged , , , , , | Leave a comment

Tindak Lanjut Pengaduan Pelanggaran Pilpres di Hong Kong

Tim Relawan saat ini tengah menyiapkan laporan pengamatan atas penyelenggaraan Pilpres di Hong Kong, yang akan diluncurkan dalam waktu 2 minggu ini. Selain sebagai bahan evaluasi KPU, laporan tersebut juga dimaksudkan untuk menjawab klaim sepihak dari KPU dan Bawaslu yang cenderung menutup-nutupi kesemrawutan penyelenggaraan Pilpres di Hong Kong. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , , , | Leave a comment