Category Archives: Layanan Publik

Alasan Anggaran, KJRI Hong Kong Tak Hadiri Sidang KIP

Sidang perdana sengketa informasi antara lima Buruh Migran Indonesia (BMI), Luluh Respati, Sri Rahayu, Wiwin Warsiating, Suratmi Sudarto, dan Suprihatin dengan KJRI Hong Kong tetap digelar Majlis Komisioner Komisi Informasi Pusat (MK KIP) tanpa dihadiri KJRI Hong Kong selaku termohon (7/1/15). Continue reading

Posted in Agenda, Berita, Headline, Layanan Publik, Peristiwa, Suara BMI | Tagged , , , , , | Leave a comment

BMI Siap Gugat KJRI Hong Kong di Sidang Sengketa Informasi

Lima Buruh Migran Indonesia (BMI) di Hong Kong antara lain Luluh Respati, Sri Rahayu, Wiwin Warsiating, Suratmi Sudarto, dan Suprihatin akhirnya mendapat panggilan sidang sengketa inforamasi pada Rabu (7/1/15) dari Panitera Komisi Informasi Pusat. Sidang akan memposisikan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong (KJRI Hong Kong) sebagai termohon alias pihak yang digugat oleh kelima BMI tersebut. Gugatan dilakukan karena KJRI Hong Kong mengabaikan permintaan informasi yang disampaikan BMI Hong Kong sejak 10 Maret 2013. Continue reading

Posted in Agenda, Berita, Headline, Layanan Publik, Suara BMI, Tajuk | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Pungli Pemulangan TKI Tanpa Dokumen di Malaysia

Seperti diungkapkan Sigit, perwakilan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dalam acara e-blusukan Presiden Jokowi, bahwa hanya sekitar 900.000 TKI yang tercatat resmi di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, data tersebut berbeda dengan data Imigrasi Malaysia yang mencatat 1.800.000 pekerja Indonesia di Malaysia, bahkan Sigit menduga jumlah TKI di Malaysia lebih besar dari data KBRI maupun Imigrasi Malaysia, yakni mencapai 3.000.000 jiwa. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik, Peristiwa, Suara BMI, Tajuk | Tagged , , , , , , | Leave a comment

TKI Qatar Membagikan Pengalaman Lewat Pantau PJTKI

Pengalaman TKI Qatar di www.pantaupjtki.com semoga bisa memberikan gambaran bagaimana situasi kerja di luar negeri dari sumber utamanya langsung. Membagikan pengalaman menjadi buruh migran yang ditempatkan lewat PPTKIS/PJTKI menjadi penting agar calon buruh migran lain waspada sekaligus curiga. Terutama pada sponsor yang mengetuk pintu dan menjanjikan surga penempatan TKI di luar negeri. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Mitra TKI Cairkan Klaim Asuransi PHK TKI Qatar

Konsorsium Mitra TKI mencairkan 43 klaim asuransi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di BP3TKI Ciracas Selasa sore (14/10/2014). Klaim asuransi yang dicairkan tersebut milik TKI yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Qatar sebagai pekerja bangunan. Penyerahan pembayaran sebenarnya diagendakan pada Rabu pagi. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Rencana Aksi Perbaikan Tata Kelola TKI 13 Kementerian

Perwakilan Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menyampaikan Rencana Aksi Perbaikan Tata Kelola Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Paparan rencana aksi disampaikan melalui FGD Rancangan Undang-Undang Perlindungan dan Penempatan Pekerja Indonesia di Luar Negeri (RUU PPILN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri (29/9/2014). Continue reading

Posted in Agenda, Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , , | Leave a comment

Butuh Peran Desa untuk Lindungi TKI (2)

Keterbatasan informasi yang dimiliki menjadikan desa belum bisa melakukan peran yang maksimal. Bahkan jika ada warganya yang tidak dilayani oleh pemerintah desa karena tidak memenuhi persyaratan migrasi sebagai calon TKI, desa akan disalahkan dan bahkan dianggap menyusahkan warganya. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Kontributor, Layanan Publik | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Butuh Peran Desa untuk Lindungi TKI (1)

Calon TKI yang sebagian besar berasal dari desa, tidak memiliki informasi resmi yang bisa digunakan untuk perbandingan dengan informasi dari PJTKI/PPTKIS, calo, atau sponsor. Ketidaktahuan calon TKI dikarenakan mereka tidak memiliki akses informasi yang bisa menjadi rujukan. Desa sebagai gerbang pertama bagi warganya yang hendak bekerja sebagai TKI, selama ini masih berada pada posisi yang lemah dalam pengawasan dan perlindungan warganya. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Kontributor, Layanan Publik | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Mahkamah Agung Balas Surat Tak Sesuai UU KIP

Mahkamah Agung membalas surat permohonan tersebut lebih dari dua bulan, artinya mereka melanggar aturan yang ditetapkan oleh UU KIP. Di dalam undang-undang nomor 14 tahun 2008 tersebut dijelaskan bahwa badan publik selambat-lambatnya harus menjawab surat permohonan informasi sepuluh 10+7 hari masa kerja yang ditetapkan. Namun kenyataan yang ada tidaklah demikian. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik | Tagged , , , | Leave a comment

Kuliah dan Kursus Keterampilan Bagi Buruh Migran

Akhir pekan merupakan hari libur bagi Buruh Migran Indonesia (BMI) yang bekerja di negara-negera penempatan tertentu. Mereka memiliki kebebasan untuk menghabiskan waktu di dalam rumah atau sekadar jalan-jalan sembari nongkrong di tempat berkumpulnya buruh migran. Tak melulu kegiatan hura-hura, banyak dari mereka yang menghabiskan akhir pekan dengan menyibukkan diri di tempat kursus atau tempat kuliah. Continue reading

Posted in Berita, Headline, Layanan Publik, Panduan | Tagged , , , , , , , | Leave a comment