Panduan

Menulis dan Menyimpan Catatan Kerja Buruh Migran

Author

Ilustrasi Catatan Kerja
Ilustrasi Catatan Kerja

Catatan kerja merupakan salah satu benda yang bisa digunakan untuk membela hak ketenagakerjaan buruh migran. Dengan menuliskan catatan kerja, buruh migran yang memiliki perselisihan dengan majikan dapat menggunakannya untuk menuntut mereka sebagai salah satu bukti. Dengan bukti catatan kerja, pelaporan ke Labour Department terhadap majikan yang bermasalah pun jauh lebih mudah.

Apa yang harus dituliskan dalam catatan kerja buruh migran?

1. Catatlah gaji yang buruh migran terima setiap bulan. Catatan menyangkut besaran gaji dan tanggal pembayaran gaji. Simpanlah slip gaji yang ada terima dari majikan dan jangan tanda tangani slip gaji jika besaran uang tak sama dengan slip. Teliti apakah gaji tersebut sama dengan kontrak kerja yang telah disepakati.

2. Catatlah tunjangan makan yang diberikan oleh majikan jika buruh migran tidak disediakan makanan. Jika Anda disediakan makanan, catatlah berapa kali majikan memperbolehkan Anda untuk makan di dalam rumah.

3. Catatlah gaji yang buruh migran terima setiap bulan. Catatan menyangkut besaran gaji dan tanggal pembayaran gaji. Simpanlah slip gaji yang ada terima dari majikan dan jangan tanda tangani slip gaji jika besaran uang tak sama dengan slip. Teliti apakah gaji tersebut sama dengan kontrak kerja yang telah disepakati.

4. Catatlah tunjangan makan yang diberikan oleh majikan jika buruh migran tidak disediakan makanan. Jika Anda disediakan makanan, catatlah berapa kali majikan memperbolehkan Anda untuk makan di dalam rumah.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.