Info Negara Tujuan

Kenali Negara Tujuan: Malaysia

Author

Negara ini terpisah dalam dua nusa, yang satu di Semenanjung Malaka, yang satunya lagi di Pulau Kalimantan bagian utara. Beribu kota di Kuala Lumpur, Malaysia adalah negara yang banyak dikenal oleh orang Indonesia.

Di Malaysia, bahasa Melayu dan Inggris adalah bahasa dominan. Penduduknya rata-rata memeluk Islam. Mata uang yang dipakai adalah ringgit Malaysia. Sama seperti Singapura, iklim Malaysia juga tropis khas khatulistiwa. Sektor pekerjaan yang banyak mengundang tenaga kerja adalah sektor rumah tangga, perkebunan, industri kayu (di Malaysia-Kalimantan), manufaktur (Malaysia Semenanjung), dan pariwisata.

Secara umum, penduduk Malaysia terdiri dalam tiga etnis besar: Melayu, Cina, dan India. Bagi TKI yang bekerja di rumah tangga, tipe etnis keluarga tersebut penting untuk diperhatikan, sebab masing-masing punya kebiaaan sendiri.

Keluarga keturunan Cina biasanya menuntut kerja keras; menyukai masakan mie dan sup, olahan daging babi dan ikan laut, terkadang menuntut TKI memasak daging babi; tidak melarang TKI beribadah, asal tak mengganggu kerja; menyenangi TKI yang berpakaian dan menata diri sederhana sehingga tidak menghambat gerak; menganggap warna hitam-putih warna berkabung dan warna merah sebagai warna ceria.

Keluarga Melayu biasanya lebih suka makan di rumah dan suka makanan bersantan dan banyak rempah (masakan Melayu); beradat sopan dan berpakaian tertutup. Keluarga yang tinggal di perkotaan terbiasa mengunci pintu dan pagar setiap saat.

Upah di Malaysia berkisar: PRT, RM$ 400-600; elektro/industri, RM$ 500-800; perkebunan RM$ 450-700.

Sesuai peraturan, TKI tak boleh bekerja lebih dari 8 jam per hari atau lebih dari 48 jam seminggu. Di luar itu, akan dihitung sebagai lembur. dengan lembur, TKI hanya boleh bekerja maksimal 12 jam sehari. TKI berhak mendapat cuti 1 hari/minggu, 10 hari pada libur nasional, cuti tahunan, cuti sakit, dan cuti darurat (semisal orang tua di tanah sakit dan harus pulang sementara).

Berikut adalah bebeapa kontak perwakilan Indonesia di Malaysia.

KBRI Kuala Lumpur +603 2116 4000 atau +603 2116 4200

KJRI Kinabalu, Sabah +60 8821 8600

KJRI Johor Baru +60 1979 02000

KJRI Kuching +60 8246 0734

KJRI Penang +60 4226 7412

KJRI Tawau +60 8977 2052

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.