(Bahasa Indonesia) Mengenal Laskar Gendeng Nusantara di Malaysia

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Sumber: Dokumen pribadi Ali Munawar
Sumber: Dokumen pribadi Ali Munawar

Laskar Gendeng Nusantara (LGN) cabang Johor Bahru, Malaysia merupakan salah satu organisasi pekerja migran yang turut meramaikan riuh ramainya organisasi pekerja migran di Johor Bahru. LGN sebenarnya didirikan di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang kemudian menyebar di berbagai kota di Indonesia. LGN Johor Bahru sebenarnya berawal dari anggota LGN Bangka Belitung yang kemudian bermigrasi ke Johor Bahru.

LGN yang merupakan padepokan pelayan hukum terpadu di Yogyakarta berdiri pada tahun 2011 dan mendapat legalitas pada tahun 2018. Padepokan LGN merupakan perkumpulan yang bersama-sama yang bertujuan melakukan dan bertindak kebaikan pada sesama atau semua umat. Arti kata ‘Gendeng’ sebagai nama padepokan sebenarnya bukan berarti tidak waras. Gendeng diartikan oleh padepokan ini sebagai singkatan dua kosakata bijak Gen (Genah) dan Deng (Mudeng).

Genah adalah kemampuan diri dalam memisahkan perilaku antara perbuatan baik dan buruk yang tidak bisa untuk dicampur adukkan. Ibarat minyak dan air, mengerjakan perbuatan mulia dan bermanfaat bagi umat, menegakkan kebenaran serta keadilan pada diri dan sekitarnya.
Sedangkan mudeng adalah sadar dan paham, artinya lebih dari sekedar tau yaitu memahami situasi yang ada pada era dan zaman ini. Paham di sini artinya kita wajib turun ikut serta dalam penyuluhan tentang budaya kebaikan, gotong royong, saling membantu, saling mengingatkan dalam hal kebaikan apapun bentuknya dan mengajak seluruh keanggotaan ke arah menuju kebenaran.

Laskar Gendeng Nusantara mulai aktif di Johor Bahru sejak tahun 2017. Pada tahun 2020, LGN bergabung dengan Komunikasi Organisasi Migran Indonesia (KOMI), tepatnya pada saat penyaluran bantuan Covid-19 dari KJRI Johor untuk WNI di Johor. Sejak saat itu, LGN bergabung dengan KOMI untuk menolong sesama pekerja migran yang sakit dan bermasalah khususnya di area Johor. Sobat migran yang ingin bergabung dengan LGN dapat menghubungi Ali Munawar di nomor +60 17-790 8598.

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.