(Bahasa Indonesia) Buletin Voice of Migrants Edisi Maret-Juni 2020

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Pada edisi Maret-Juni 2020 atau edisi keempat buletin Voice of Migrants menyoroti tentang kesehatan dan dampak pandemi Covid-19 terhadap eksistensi PMI di luar negeri. Informasi kesehatan menekankan tentang tata cara mendapatkan layanan PMI mengalami sakit di Hong Kong, baik sakit yang sifatnya kronis dengan memerlukan perawatan intensif maupun pencegahan dari penyakit mematikan, seperti kanker. Selain itu, sorotan mengenai situasi Covid-19 dan upaya otoritas Hong Kong dalam menerapkan protokol kesehatan yang mesti dilakukan oleh PMI menjadi sorotan penting untuk diketahui oleh PMI. Untuk itu, redaksi kiranya perlu mengangkat tema ini yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran PMI untuk mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan selamat selama bekerja di Hong Kong. Di dalamnya, ada beberapa aturan dan tata cara yang mesti dilakukan oleh PMI yang baru datang di Hong Kong pasca mengambil cuti di Indonesia.

Analisis kerentanan mengenai dampak Covid-19 terhadap PMI menjadi sorotan tajam di mana PMI mengalami potensi kerentanan yang berlipat ganda, baik dalam relasi kerja maupun statusnya sebagai pekerja migran. Pelbagai asumsi telah berkembang sedemikian rupa di tengah masyarakat yang mengkaitkan bahwa pandemi Covid-19 merupakan kutukan yang tendensius berbasis agama. Hal ini disebabkan oleh penyebaran informasi palsu atau hoaks yang dapat memengaruhi pandangan seseorang atas pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, karena panndemi Covid-19 ini tidak menutup kemungkinan membuat seseorang menjadi lebih ekstrem dalam berpikir.

Redaksi juga menyoroti pentingnya berorganisasi bagi PMI di Hong Kong. Dengan berorganisasi, PMI akan mendapatkan informasi yang tepat mengenai situasi pandemi Covid-19, penyelesaian masalah-masalah ketenagakerjaan, meningkatkan pengetahuan tentang ekonomi, dan ruang berbagi dan peduli bagi sesama PMI. Namun, syaratnya adalah organisasi itu sehat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pengurus, sehat dalam menjalankan aturan organisasi, terbuka dan tidak diskriminatif.

Akhir kata, redaksi buletin Voice of Migrants mengucapkan selamat membaca dan menjelajah pengetahuan yang diproduksi oleh PMI Hong Kong!

Silakan unduh buletin Voice of Migrants Edisi Maret-Juni 2020 (keempat) di sini.

 

Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.