Guidelines

Panduan Menjalin Hubungan Jarak Jauh untuk Buruh Migran

Author

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

Ilustrasi Hubungan Jarak Jauh
Ilustrasi Hubungan Jarak Jauh

Menjalin hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) dalam beberapa kasus sangat berat dilakukan. Apalagi jika hubungan jarak jauh tersebut memisahkan dua insan di negara berbeda seperti yang dialami oleh kawan-kawan Buruh Migran Indonesia (BMI). Sering-sering bertemu adalah hal yang tidak mungkin karena terkendala oleh biaya dan cuti kerja. Maka, hubungan jarak jauh ini kerap berkorelasi dengan angka perceraian di daerah kantong-kantong buruh migran.

Meminimalisir dampak perceraian yang terjadi pada buruh migran, Redaksi Buruh Migran mencoba menyusun panduan menjaga hubungan jarak jauh agar hubungan suami istri tidak renggang dan tetap awet.

  1. KomunikasiKomunikasikan aktivitas harian sobat buruh migran pada pasangan dengan memanfaatkan teknologi untuk memperlancar komunikasi. Buruh migran bisa menggunakan fasilitas seperti telepon, pesan instan atau video call jika memiliki akses internet yang baik. Luangkan waktu untuk berkomunikasi setiap harinya, ceritakan tentang kondisi di negara penempatan, tentang kegiatan libur atau berbagi kabar soal keadaan keluarga di kampung halaman.
  2. Saling percaya dan memahamiMenjalin hubungan jarak jauh bisa dibilang gampang-gampang susah. Kepercayaan tidak bisa tumbuh dengan sendirinya karena kepercayaan biasanya dibangun bersama-sama.Cobalah untuk saling menjaga kepercayaan pada pasangan dan saling jujur terhadap apapun yang sedang dijalani. Pahamilah juga kondisi pasangan, misal jika ia sedang marah, capek atau banyak pikiran.
  3. Jangan cemburuanBersikap cemburu sebenarnya merupakan hal yang wajar dalam percintaan. Namun cemburu berlebihan bisa jadi tidak wajar. Salah satu pasangan yang cemburu berlebihan bisa membuat pasangannya tidak nyaman dan merasa dikekang. Buatlah batasan rasa cemburu tersebut sehingga jangan sampai mengganggu pasangan, apalagi jika rasa cemburu tersebut tidak masuk akal.
  4. Menjaga kesetiaanJika sudah dipercayai oleh pasangan sebisa mungkin untuk tidak mengkhianatinya. Jangan memanfaatkan situasi jika pasangan yang dimiliki tidak cemburuan dan terpisah jarak ribuan kilometer. Dalam hubungan jarak jauh, menjaga kesetiaan juga merupakan hal yang gampang-gampang susah. Ada banyak godaan di luar sana yang akan menggoyahkan kesetiaan kita terhadap pasangan seperti misalnya hadirnya orang ketiga. Orang ketiga dalam rumah tangga bisa ditemui dimana saja, contohnya kenalan di dunia maya dan berlanjut di dunia nyata.
  5. Bersikap romantisRomantis bukan hanya milik pasangan baru yang sedang dirundung asmara. Pasangan yang telah lama menjalin hubungan perlu juga untuk bersikap romantis sekali-kali. Jarak yang terpaut jauh tidak menjadi halangan untuk bersikap romantis. Cobalah untuk mengirimkan bunga mawar, boneka atau jam tangan disertai dengan surat berisi kata-kata romantis. Romantis bisa juga dilakukan dengan cara sederhana seperti membuat pesan-pesan, video atau nyanyian pada pasangan.
Belum ada komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.